SISTEM PAKAR MENENTUKAN KERUSAKAN HANDPHONE VIVO DI VIVO SERVICE CENTER MADIUN DENGAN METODE CASE BASED REASONING



SYUKUR APRIADI, ALIM (2023) SISTEM PAKAR MENENTUKAN KERUSAKAN HANDPHONE VIVO DI VIVO SERVICE CENTER MADIUN DENGAN METODE CASE BASED REASONING. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1 Surat Persetujuan Unggah Karya.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
2 Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3 Bab I.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4 Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5 Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6 Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7 Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 Daftar Pustaka.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
9 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10 SKRIPSI ALIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Handphone vivo salah satu dari berbagai brand yang paling banyak digunakan. Pengguna banyak menggunakan handphone vivo dikarenakan fitur handphone yang terbilang lengkap, untuk dari spesifikasi memori internal dan RAM nya juga besar, harga yang terbilang miring dibandingkan oleh brand lain dan juga layanan purna jual yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia. Tidak berbeda dengan brand lainnya, handphone vivo tidak terlepas dari berbagai kerusakan. Jika terjadi kerusakan pada hardware perlu untuk penangan khusus dari teknisi ahlinya, sehingga dapat menghindari kerusakan yang lebih parah. Maka dari itu jika ada kerusakan pada handphone tersebut dianjurkan untuk datang ke vivo service center Madiun untuk dianalisa kerusakan apa yang terjadi. Tetapi karena terkadang terlalu banyak custumer teknisi mengalami kesulitan dalam mendiagnosa kerusakan hp yang ada karena harus di diagnosa manual dan hal tersebut lumayan memakan waktu. Maka dari itu perlu dibuatkan suatu sistem yang dapat membantu teknisi ketika menganalisa kerusakan handphone agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah dan dapat menemukan kerusakan lebih cepat. Tujuan Penelitian ini adalah merealisasikan sebuah sistem untuk mendeteksi kerusakan handphone vivo dengan metode case based reasoning dan menguji kelayakan sistem dan kecepatan dalam membantu teknisi untuk mendiagnosa kerusakan handphone vivo. Hasil penelitian ini adalah Pada penelitian ini telah berhasil mengimplementasikan metode case based reasoning untuk mengetahui tentang kerusakan pada handphone vivo dan sistem yang dibuat dapat melakukan diagnosa kerusakan secara cepat dimana rata-rata melakukan sekali diagnosa membutuhkan waktu 1-2 detik saja.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Case based Reasoning, Vivo, Blackbox Testing.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Case based Reasoning, Vivo, Blackbox Testing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:37
Last Modified: 31 Aug 2023 08:37
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12226

Actions (login required)

View Item View Item