ANALISIS PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA MELALUI PENDEKATAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENENTUAN STRATEGI DALAM PENINGKATAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT AMAL SEHAT



Atystrayana, Virtadhika AG (2015) ANALISIS PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA MELALUI PENDEKATAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENENTUAN STRATEGI DALAM PENINGKATAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT AMAL SEHAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Rumah Sakit merupakan unit usaha sektor publik yang padat modal,
teknologi, dan juga tenaga kerja. Pengukuran kinerja merupakan suatu hal penting
bagi sebuah unit bisnis. Selama ini pengukuran kinerja yang sering digunakan
adalah pengukuran kinerja yang hanya mengukur kinerja keuangan, tidak dapat
mengambarkan kinerja perusahaan secara keseluruan. Dengan adanya kekurangan
tersebut, maka diciptakan suatu metode pengukuran kinerja Balanced Scorecard.
yang menyangkut empat perspektif yaitu : keuangan, pelanggan, proses bisnis
internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kinerja Rumah Sakit Amal Sehat jika diukur dengan pendekatan
Balanced Scorecard sebagai alat penentuan strategi dalam peningkatan kinerja.
Penelitian ini difokuskan pada kinerja Rumah Sakit Amal Sehat tahun 2010
sampai dengan 2014.
Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dan data primer.
Metode pengambilan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan kuesioner.
Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat
analisis yang meliputi uji validitas dan reliabilitas kuesioner kepuasan pasien.
Metode analisis data yang digunakan adalah metode Balanced Scorecard.
Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan, kinerja Rumah Sakit
Amal Sehat Wonogiri dilihat dari 4 (empat) perspektif Balanced Scorecard
adalah cukup baik pada taun 2010 karena mampu mencapai nilai 53, 85%. Dan
pada tahun 2011 Rumah Sakit Amal Sehat mampu mencapai penilaan kinerja
yang baik yaitu 69, 23%. Kinerja Rumah Sakit Amal Sehat mampu mencapai
kinerja yang sangat baik yaitu pada tahun 2012 sampai 2014 yaitu sebesar 84,
61% pada tahun 2012 dan 2013 dan 86,67% pada tahun 2014. Hal ini
menunjukkan bahwa Rumah Sakit Amal Sehatselalu meningkatkan kinerjanya
sehingga mampu mewujudkan visi dan misi Rumah Sakit. Strategi Diferensiasi
dan Strategi Fungsional tepat untuk diterapkan pada Rumah Sakit Amal Sehat
sebagai alat peningkatan kinerja.
Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard , dan Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 02 Nov 2015 04:15
Last Modified: 02 Nov 2015 04:15
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item