PERBANDINGAN IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN PONOROGO
Lestari, Eka Bekti Dwi (2023) PERBANDINGAN IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (838kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (FULL SKRIPSI)
EKA KURIKULUM MERDEKA_124712.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan implementasi pelaksanaan
program kurikulum merdeka untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Banyudono,
TK Pembina dan TK Mutiara Hati.
Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif. Data kualitatif adalah
sumber data dari deskripsi dan berlandaskan kukuh, serta memuat penjelasan terkait prosesproses yang terjadi dalam lingkup sekitar. Melalui data kualitatif ini peneliti dapat
mengumpulkan data serta menekankan pada situasi guna menemukan, memahami,
menjelaskan, dan memperoleh gambaran tentang bagaimana perbandingan implementasi
pelaksanaan kurikulum merdeka untuk pendidikan anak usia dini di TK Banyudono, TK
Pembina dan TK Mutiara Hati. Sumber data diperoleh dari wawancara yang dilakukan
dengan Kepala Sekolah TK Banyudono, TK Pembina dan TK Mutiara Hati. Teknik yang
digunakan dalam menentukan keabsahan data yakni triangulasi sumber. Metode ini bertujuan
untuk meningkatkan pemahaman peneliti terhadap apa yang telah ditemukan terkait
perbandingan implementasi kurikulum merdeka di PAUD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka di TK Banyudono, TK
Pembina, dan TK Mutiara Hati sudah diimplementasikan. Ketiga TK tersebut sudah
menerapkan kurikulum merdeka dengan implementasi yang berbeda-beda. Semua TK sudah
menerapkan kegiatan berdasarkan P5. Dalam pengembangan tema, TK Banyudono masih
sesuai dari arahan karena untuk pengembangan belum mampu, pada TK Negeri Pembina
tema menyesuaikan dengan keadaan terkini, dan pada TK Mutiara Hati sudah melakukan
pengembangan tema. TK Banyudono masih fokus di proyek STEAM karena konstruktif
membangun berbagai permainan seperti bermain timbangan. Pada TK Pembina, proyek
STEAM dan Loose Part sudah dilaksanakan. Dua proyek tersebut apabila dilaksanakan
sudah lengkap dan menginspirasi anak untuk lebih kreatif dan berpikir kritis. Sedangkan
pengembangan proyek kurikulum merdeka pada TK Mutiara Hati dengan
mengkombinasikan proyek STEAM dan Loose Part dengan media-media yang ada juga
dengan mainan-mainan yang bukan dari Loose Part. Penilaian instrumen pada kurikulum
merdeka juga sudah diterapkan namun masih bertahap seperti catatan anekdot, catatan hasil
karya, ceklis, dan foto berseri.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, PAUD
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KURIKULUM Merdeka, PAUD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 04:50 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 04:50 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |