PERBANDINGAN IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN PONOROGO



Lestari, Eka Bekti Dwi (2023) PERBANDINGAN IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI] Text (FULL SKRIPSI)
EKA KURIKULUM MERDEKA_124712.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan implementasi pelaksanaan
program kurikulum merdeka untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Banyudono,
TK Pembina dan TK Mutiara Hati.
Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif. Data kualitatif adalah
sumber data dari deskripsi dan berlandaskan kukuh, serta memuat penjelasan terkait prosesproses yang terjadi dalam lingkup sekitar. Melalui data kualitatif ini peneliti dapat
mengumpulkan data serta menekankan pada situasi guna menemukan, memahami,
menjelaskan, dan memperoleh gambaran tentang bagaimana perbandingan implementasi
pelaksanaan kurikulum merdeka untuk pendidikan anak usia dini di TK Banyudono, TK
Pembina dan TK Mutiara Hati. Sumber data diperoleh dari wawancara yang dilakukan
dengan Kepala Sekolah TK Banyudono, TK Pembina dan TK Mutiara Hati. Teknik yang
digunakan dalam menentukan keabsahan data yakni triangulasi sumber. Metode ini bertujuan
untuk meningkatkan pemahaman peneliti terhadap apa yang telah ditemukan terkait
perbandingan implementasi kurikulum merdeka di PAUD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka di TK Banyudono, TK
Pembina, dan TK Mutiara Hati sudah diimplementasikan. Ketiga TK tersebut sudah
menerapkan kurikulum merdeka dengan implementasi yang berbeda-beda. Semua TK sudah
menerapkan kegiatan berdasarkan P5. Dalam pengembangan tema, TK Banyudono masih
sesuai dari arahan karena untuk pengembangan belum mampu, pada TK Negeri Pembina
tema menyesuaikan dengan keadaan terkini, dan pada TK Mutiara Hati sudah melakukan
pengembangan tema. TK Banyudono masih fokus di proyek STEAM karena konstruktif
membangun berbagai permainan seperti bermain timbangan. Pada TK Pembina, proyek
STEAM dan Loose Part sudah dilaksanakan. Dua proyek tersebut apabila dilaksanakan
sudah lengkap dan menginspirasi anak untuk lebih kreatif dan berpikir kritis. Sedangkan
pengembangan proyek kurikulum merdeka pada TK Mutiara Hati dengan
mengkombinasikan proyek STEAM dan Loose Part dengan media-media yang ada juga
dengan mainan-mainan yang bukan dari Loose Part. Penilaian instrumen pada kurikulum
merdeka juga sudah diterapkan namun masih bertahap seperti catatan anekdot, catatan hasil
karya, ceklis, dan foto berseri.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, PAUD

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM Merdeka, PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:50
Last Modified: 06 Sep 2023 04:50
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12363

Actions (login required)

View Item View Item