INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN PAGI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL (IESQ) SISWA DI MIN 4 MADIUN



Maghfiroh, Ulfa Ummul (2023) INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN PAGI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL (IESQ) SISWA DI MIN 4 MADIUN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
A HALAMAN DEPAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Tesis Full] Text (Tesis Full)
A TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Masalah degradasi akhlak generasi muda merupakan salah satu dampak
negatif dari perkembangan arus globalisasi yang berkembang pesat. Salah satu
upaya yang sangat berdampak pada proses perbaikan masalah tersebut adalah
pendidikan akhlak. Pada era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
yang sangat pesat ini, seseorang harus memiliki pribadi yang berakhlak
mulia/terpuji agar dapat menyikapi dengan benar dan tidak mudah terpengaruh
arus perkembangan zaman Salah satu program unggulan MIN 4 Madiun yang
diterapkan untuk menanamkan dan meningkatkan pendidikan akhlak siswa dalam
meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional maupun spiritual siswa adalah
dengan program pembiasaan pagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan nilai pendidikan akhlak,strategi dan dampak dari internalisasi
pendidikan akhlak melalui program pembiasaan pagi dalam meningkatkan
kecerdasan intelektual, emosional maupun spiritual (IESQ) siswa di MIN 4
Madiun.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Subjek penelitian
adalah siswa, guru, kepala sekolah dan orang tua. Teknik pengumpulan data
meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan
langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Nilai pendidikan akhlak
yang diinternalisasikan di MIN 4 Madiun antara lain nilai akhlak kepada Allah,
nilai akhlak pada sesama manusia dan nilai akhlak kepada lingkungan (2) Strategi
internalisasi nilai pendidikan akhlak melalui program pembiasaan pagi di MIN 4
Madiun diinternalisasikan lewat strategi pergaulan, strategi melalui keteladanan
dan strategi melalui pengamalan. (3) Dampak internalisasi nilai pendidikan akhlak
melalui program pembiasaan pagi terbagi menjadi: Kecerdasan intelektual yaitu:
aspek kemampuan verbal, siswa memiliki banyak khasanah pengetahuan kosakata
dalam bahasa; aspek kemampuan penalaran analitis, siswa memiliki kesadaran
untuk menerapkan materi pembiasaan pagi dalam kehidupannya; Aspek
kemampuan memori, siswa semakin terbiasa dan mudah dalam mengingat materi
pembiasaan; Kecerdasan emosional yaitu: meningkatkan kemampuan untuk
menahan diri dan bersabar, lebih mengenali kelebihan/kemampuan dirinya
masing-masing, lebih bisa memahami dan menyikapi gejolak emosi nya sendiri;
serta bagi Kecerdasan spiritual yaitu: memiliki sikap taat pada bapak/ibu guru,
memiliki kesadaran ibadah rutin sholat 5 waktu, memiliki sikap disiplin, memiliki
wawasan terkait nilai-nilai pendidikan akhlak baik dalam islam maupun dalam
budaya jawa khususnya bahasa jawa halus, menggunakan waktu dengan kegiatan
positif, memiliki jiwa saling tolong menolong dan saling mengingatkan.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Pendidikan Akhlak, Pembiasaan Pagi, IESQ
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:53
Last Modified: 14 Sep 2023 07:53
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

View Item View Item