PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN SENI BELA DIRI INDONESIA TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN PONOROGO
CAHYONO, TONI SETIO (2017) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN SENI BELA DIRI INDONESIA TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
Abstract
Perguruan seni bela diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah
yang disingkat menjadi Tapak Suci adalah perguruan seni bela diri Indonesia yang
berstatus sebagai organisasi otomom (Ortom) dibawah Persyarikatan
Muhammadiyah. Tapak Suci Memberikan pelajaran dan bimbingan pencak silat
dalam pembentukan karakter baik serta memberikan pemahaman agar terhindar
dari pengaruh ilmu-ilmu sesaat, maka di Tapak Suci diajarkan PAI yang berkaitan
dengan ibadah, aqidah dan akhlak. Kemudian Tapak suci lahir dari semangat
perjuangan angkatan muda Muhammadiyah sebagai pelopor dan pelangsung amal
usaha persyarikatan Muhammadiyah.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada perguruan seni bela diri
Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah di kabupaten Ponorogo.
Obyek penilitian ini adalah seluruh komponen yang ada di Pimpinan
Daerah serta unit-unit latihan yang ditentukan yang masih dalam lingkup naungan
Pimpinan Daerah 023 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Ponorogo. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
terkumpul terkumpul terkait dengan penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam
pada perguruan seni bela diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah di
kabupaten Ponorogo dianalisis secara kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai
pendidikan agama Islam dalam bentuk ibadah belum maksimal dalam
penerapannya, tetapi masing-masing pelatih mampu membawa muridnya untuk
dikenalkan terkait dengan materi-materi PAI seperti halnya ibadah, kurang lebih
seperti yang ada dalam pedoman kurikulum yang berkaitan dengan Al-Islam dan
Kemuhammadiyahan sebagai modal mengajar atau pegangan hidup siswa. Nilainilai pendidikan agama Islam dalam bentuk aqidah sudah menerapan nilai-nilai
pendidikan agama islam dalam bentuk aqidah, namun peran pelatih dilapangan
belum maksimal dalam pelaksaannya. Dan penerapan nilai-nilai pendidikan
agama Islam dalam bentuk akhlak banyak kendala terutama dalam kurikulum.
Dengan berpijak data diatas, maka peneliti menyarakan, alangkah baiknya
kepada bapak pendiri Tapak Suci Ponorogo kedepannya lebih memperdayakan
para kader/pelatih dalam hal ini menjelaskan terkait masalah Penanaman PAI.
Kepada pengurus Pimpinan Daerah 023 Tapak Suci Ponorogo segera menyusun
kurikulum ataupun pelatihan bagi kader/pelatih yang berkaitan dengan masalah
Penanaman PAI.Kepada para kader/pelatih Tapak Suci Ponorogo kedepannya
lebih memahami keterkaitannya dengan pemahaman terhadap materi, Penguasaan
menyampaiakan materi, pengelolaan penjadwalan dalam menyampaikan materi
nilai-nilai pendidikan Agama Islam terkait masalah Penanaman PAI.
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan, Islam dan Tapak Suci
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Departement of Islamic Library And Information Science |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 08:19 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 02:04 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |