UTILIZATION OF "SMART CARDS" IN INTEGER OPERATIONS MATERIAL TO IMPROVE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' UNDERSTANDING
Fadil Ahsan, Jauhari, Avita Nurhidayah, Dwi and Sumaji, Sumaji (2024) UTILIZATION OF "SMART CARDS" IN INTEGER OPERATIONS MATERIAL TO IMPROVE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' UNDERSTANDING. UTILIZATION OF "SMART CARDS" IN INTEGER OPERATIONS MATERIAL TO IMPROVE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' UNDERSTANDING, 8 (1). pp. 1-10. ISSN 2549-6050 (In Press)
|
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya)
Surat Persetujuan Unggah Karya Jauhari Fadil A. (1).pdf Download (254kB) |
|
|
Text (Cover)
COVER ARTIKEL JAUHARI FADIL.pdf Download (181kB) |
|
|
Text (LOA)
021-LoA IJEE- Ahsan et al. (1).pdf Download (282kB) |
|
|
Text (Artikel Full Text)
ARTIKEL JAUHARI FADIL (PDF).pdf Download (2MB) |
Abstract
Permasalahannya yang terjadi saat ini yaitu masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai ilmu yang rumit karena matematika bersifat abstrak. Hal ini berdampak pada minat belajar dan hasil belajar siswa yang rendah. Olehnya, tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh penggunaan pembelajaran berupa smart card dalam meningkatkan pemahaman konsep operasi bilangan bulat siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan mengguankan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen dengan bentuk one group pretest posttest design. Subyek penelitian yaitu siswa sekolah menengah pertama dengan jumlah 21 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretest dan posttes. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis data adalah lembar soal tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah statistik inferensial. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test dan uji hipotesis. Hasil 4dari penelitian ini ditemukan bahwa setelah diterapkannya media smart card dalam proses pembelajaran nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dimana pada saat pretest siswa hanya memperoleh nilai rata-rata 50,24 dan setelah diterapkannya media smart card nilai rata-rata siswa pada saat posttest menjadi 72,62. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media smart card terhadap pemahaman konsep operasi bilangan bulat siswa. Disimpulkan bahwa media smart card dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi bilangan bulat siswa sekolah menengah pertama.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bilangan Bulat, Media Pembelajaraan, Smart Card |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
| Depositing User: | fkip . userfkip |
| Date Deposited: | 20 Mar 2024 03:52 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 01:24 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
