PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI BUDI PEKERTI PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK (B) DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUDAK KULON TAHUN PELAJARAN 2014/2015



UTAMI, SRI (2015) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI BUDI PEKERTI PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK (B) DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUDAK KULON TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[thumbnail of BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Budi Pekerti, Taman Kanak-kanak
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan karena selain
berperan mentransfer ilmu pengetahuan ke peserta didik, guru juga dituntut
memberikan pendidikan karakter dan menjadi teladan yang baik bagi anak
didiknya. Peserta didik memerlukan peran seorang guru untuk membantunya dalam
proses perkembangan diri, bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta didik. Budi
pekerti yaitu kesadaran yang ditampilkan oleh seseorang dalam
berperilaku. Pendidikan Taman Kanak-kanak yang sering disebut TK merupakan
salah satu bentuk PAUD pendidikan anak usia dini yang memiliki peran penting
untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki
jenjang pendidikan selanjutnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaimana peran Guru dalam
menanamkan nilai budi pekerti pada siswa taman kanak-kanak kelompok B di TK
Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon? 2. Faktor apa saja yang mendukung dan
menghambat peran guru dalam menanamkan nilai budi pekerti pada siswa taman
kanak-kanak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan
kualitatif. Subjek penelitian: 1. Kepala Sekolah di TK Dharma Wanita Persatuan
Pudak Kulon, 2. Guru di TK Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon, 3. Wali
Murid di TK Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon. Prosedur pengumpulan data
dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan
membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil data wawancara.Hasil penelitian ini adalah peran yang dilakukan oleh guru dalam
menanamkan nilai budi pekerti Pada Siswa Taman Kanak-kanak Kelompok B di
TK Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon sudah baik Dilihat dari pada saat
mengawali pembelajaran dengan berbaris, menyanyi, berdoa, mengaji, absensi serta
bercakap-cakap seputar tema yang akan diajarkan dan pemberian tugas. Di sini
sebelum memulai pembelajaran guru sudah mempersiapkan rencana kegiatan
harian (RKH) tujuannya yaitu agar setiap harinya pembelajaran berlangsung
dengan baik dan lancar sesuai tujuan yang telah direncanakan. Sedangkan faktor
pendukungnya salah satunya dilihat dari sarana dan prasarana yang ada didekolah.
Dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya perhatian orang tua kepada anak dan
kurangnya kerjasama antara orang tua dan guru.
Maka saran yang dapat peneliti berikan adalah sekolah diharapkan dapat
meningkatkan pola penanaman nilai-nilai moral serta meningkatkan sarana dan
prasarana yang ada di sekolah untuk meningkatkan kemajuan perkembangan
peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 04:47
Last Modified: 18 Nov 2015 04:47
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item