PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SLAHUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015



SUSILOWATI, SUSILOWATI (2015) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SLAHUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan.jpg]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Intensitas Penggunaan Facebook, Prestasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat populer banyak diminati dan digemari
oleh semua banyak kalangan, terutama bagi siswa. Jejaring sosial ini mempunyai dampak positif dan
juga dampak negatif . Oleh sebab itu tentu akan memengaruhi terhadap prestasi belajarnya. Dengan
mereka membuka Facebook secara terus-menerus akan berpengaruh positif terhadap prestasinya atau
sebaliknya, terutama pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Dalam penelitian ini rumusan masalah yang dibahas adalah Bagaimana intensitas penggunaan
facebook pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Slahung? Dan Bagaimana pengaruh intensitas
penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Slahung?”. Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengetahui intensitas penggunaan
facebookPada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Slahung. Dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
intensitas penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Slahung.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Slahung Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo
tahun pelajaran 2014/2015. Sumber data adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Slahung Kecamatan
Slahung Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 135 anak. Prosedur pengumpulan data menggunakan
metode dokumentasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis data kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV maka simpulan dalam penelitian ini adalah Intensitas
penggunaan facebook siswa di SMA Negeri 1 Slahung terdiri dari 3 (tiga) kategori, yaitu: intensitas
penggunaan facebook yang tinggi sebanyak 7 siswa (20,59%), intensitas penggunaan facebook yang
sedang sebanyak 21 siswa (61,76%), dan intensitas penggunaan facebook yang rendah sebanyak 6
orang (17,65%).Intensitas penggunaan facebook berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar
Ppkn siswa di SMA Negeri 1 Slahung. Namun, pengaruh yang diberikan bersifat negatif karena nilai
koefesien variabel intensitas penggunaan facebook adalah -0,263. Pengaruh negatif atau tidak searah
artinya jika terjadi peningkatan intensitas penggunaan facebook maka prestasi belajar Ppkn siswa
SMA Negeri 1 Slahung mengalami penurunan. Persentase sumbangsih pengaruh intensitas
penggunaan facebook terhadap prestasi belajar Ppkn sebesar 20,2%. Sedangkan sisanya sebesar
79,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Nov 2015 02:55
Last Modified: 19 Nov 2015 02:55
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1399

Actions (login required)

View Item View Item