UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA GHORIBUL QUR'AN MELALUI METODE UMMI PADA PESERTA DIDIK
JALALUDDIN, ACHMAD (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA GHORIBUL QUR'AN MELALUI METODE UMMI PADA PESERTA DIDIK. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (surat persetujuan unggah karya)
surat persetujuan unggah karya.pdf Download (278kB) |
|
|
Text (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (397kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (316kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (573kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (237kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (583kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (183kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (540kB) |
|
|
Text (TESIS FULL TEXT)
Tesis full TEKS achmad jalaluddin.pdf Download (2MB) |
Abstract
Achmad Jalaluddin, NIM: 22160312. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Ghoribul Qur’an Melalui Metode Ummi Pada Peserta Didik di SD-IT Al-Rasyid Islamic School dan SDIT Mentari Ilmu Karawang. Program Studi Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2024. Pembimbing I: Dr. Nurul Iman, Lc. M.H.I dan Pembimbing II: Dr. Katni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Upaya Guru, kemampuan membaca Ghoribul Qur’an, Peserta didik
Masih banyak peserta didik “belum siap membaca Al-Qur’an secara tepat dan akurat,” apalagi bagaimana mengetahui cara baca Ghoribul qur'an yang luar biasa dan indah. Pasti ada teknik belajar membaca Al-Qur'an yang lebih sederhana dan tidak membosankan untuk dilakukan dari tingkat dasar, dan harus ada solusinya, khususnya di daerah Karawang yang sekarang ini disebut kota industri. Terdapat perbedaan kualitas pembelajaran antara di kota dan pelosoknya. Harus ada cara belajar membaca Al-Qur'an dengan baik dan cepat dari tingkat dasar sampai atas agar mudah dipelajari. Disini peneliti mengkomparasikan pembelajaran di lembaga SD-IT Al-Rasyid Islamic School dengan SDIT Mentari Ilmu Karawang.
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tentang: (1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya Ghoribul Qur’an di dua lokasi tersebut. (2) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Ghoribul Qur’an di SD-IT Al-Rasyid Islamic School dan SDIT Mentari Ilmu Karawang. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Ghoribul Qur’an melalui metode ummi pada peserta didik di dua lokasi tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus di SD-IT Al-Rasyid Islamic School dan SDIT Mentari Ilmu, pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, display data dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian adalah: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran membaca Ghoribul qur’an di kedua lembaga adalah dengan a) Perencanaan pembelajaran membaca Ghoribul qur’an menggunakan metode Ummi. bisa berbentuk silabus dan RPP atau catatan khusus yang dibuat untuk merencanakan pembelajaran. b) Pelaksanaan pembelajaran membaca Ghoribul qur’an menggunakan metode Ummi baik luring ataupun daring. c) Kesesuaian pembelajaran dengan Ghoribul qur’an, adab membaca AL-Qur’an serta kesesuaian dengan panduan yang diberikan oleh metode Ummi. d) Penggunaan Direct Method dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an . 2) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Ghoribul Qur’an pada peserta didik di dua lembaga melalui a) membuat dan merencanakan proses penyesuaian pedoman dasar pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh koordinator. b) melakukan rapat koordinasi antara koordinator ummi dengan waka kurikulum dalam penyesuaian materi, metode dan media dengan standar metode Ummi. c) standarisasi kualifikasi pada tahap proses seleksi atau rekrutmen calon guru yang memenuhi standar guru Al-qur’an metode Ummi. 3) Faktor-faktor yang mendukung pada kedua lembaga adalah adanya fasilitas sekolah dan lingkungan yang kondusif menjadi poin plus dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca pada saat melaksanakan proses pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi khususnya Ghoribul qur’an. Sedangkan pada faktor yang menghambat muncul pada lembaga SD-IT Al-Rasyid Islamic School yang masih memaksimalkan SDM guru yang terbatas.
ABSTRACT
Achmad Jalaluddin NIM: 22160312. Instructor's Endeavors to Work on the Capacity to Peruse the Ghoribul Qur'an Through the Ummi Technique for Understudies at SD-IT Al-Rasyid Islamic School and SDIT Mentari Ilmu Karawang. Muhammadiyah University of Ponorogo Postgraduate Program, 2024. Advisor (I) Dr. Iman Nurul, Lc. M.H.I. and Advisor (II) Dr. Katni, M.Pd.I
Keywords: Teacher's efforts, ability to read Ghoribul Qur'an, Students
There are still many students who are "not ready to read the Al-Qur'an correctly and accurately," let alone how to know how to read the extraordinary and beautiful Ghoribul Qur'an. There must be a technique for learning to read the Koran that is simpler and less boring to do from a basic level, and there must be a solution, especially in the Karawang area which is currently called an industrial city. There are differences in the quality of learning between cities and remote areas. There must be a way to learn to read the Al-Qur'an well and quickly from basic to upper level so that it is easy to learn. Here the researcher compares learning at the Al-Rasyid Islamic School SD-IT institution with SDIT Mentari Ilmu Karawang.
This examination plans to depict: (1) what is the proces of carrying out figuring out how to peruse the Al-Qur'an, particularly the Ghoribul Qur'an in these two areas. (2) educators' endeavors to work on the capacity to peruse the Ghoribul Qur'an at SD-IT Al-Rasyid Islamic School and SDIT Mentari Ilmu Karawang. (3) Supporting and repressing faktors in endeavors to work on the capacity to peruse the Ghoribul Qur'an through the Ummi strategy among understudies in these two locations.This research utilizes a subjective methodology, with contextual analysis research at SD-IT Al-Rasyid Islamic School and SDIT Mentari Ilmu, gathering information through meetings, perception and documentation. Information examination through information decrease, information show and information check.
The results of the research are: 1) The process of implementing learning to read Ghoribul Qur'an in both institutions is by a) Planning learning to read Ghoribul Qur'an using the Ummi method. can be in the form of a syllabus and lesson plans or special notes made to plan learning. b) Implementation of learning to read the Ghoribul Qur'an using the Ummi method, both offline and online. c) Conformity of learning with the Ghoribul Qur'an, etiquette for reading the Al-Qur'an and conformity with the guidance provided by the Ummi method. d) Use of the Direct Method in learning to read the Al-Qur'an. 2) Teachers' efforts to improve the ability to read the Ghoribul Qur'an among students in two institutions through a) creating and planning a process for adjusting the basic guidelines for implementing learning created by the coordinator. b) holding coordination meetings between the Ummi coordinator and the head of the curriculum in adapting materials, methods and media to the Ummi method standards. c) standardization of qualifications at the selection or recruitment process stage for prospective teachers who meet the Ummi method of Al-Qur'an teacher standards. 3) The supporting factors in both institutions are the existence of school facilities and a conducive environment which are plus points in efforts to improve reading skills when implementing the Ummi method of learning the Qur'an, especially the Ghoribul Qur'an. Meanwhile, inhibiting factors emerged at the Al-Rasyid Islamic School SD-IT institution which was still maximizing limited teacher human resources.
| Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, kemampuan membaca Ghoribul Qur’an, Peserta didik |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
| Depositing User: | fai , userfai |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 06:10 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 06:10 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
