MODEL PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAM JORESAN MLARAK PONOROGO
MULKATYANTI, MULKATYANTI (2015) MODEL PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAM JORESAN MLARAK PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
01 Bagian Awal.pdf Download (514kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (141kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Model pendidikan akhlak.
Remaja mempunyai peranan yang penting dalam mengisi pembangunan.
Namun realita sekarang para remaja banyak yang terpengaruh oleh budaya asing yang
tidak sesuai dengan norma yang ada. Menyikapi hal ini, pemerintah telah
mengeluarkan peraturan penambahan jam pelajaran agama yakni dalam penerapan
kurikulum 2013. Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo ikut andil
dalam mendidik generasi bangsa dengan menggunakan model yang disesuaikan
dengan perkembangan zaman yang bertujuan mencetak akhlak yang mulia.
Skripsi ini melaporkan hasil penelitian dengan rumusan masalah: (1) apa
materi pendidikan akhlak yang diberikan kepada siswa di Madrasah Tsanawiayah
Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, (2) Bagaimana model pendidikan akhlak di
Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, (3) apa kelebihan dan
kekurangan pendidikan akhlak di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak
Ponorogo. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif di Madrasah Tsanawiyah Al-
Islam Joresan Mlarak Ponorogo, dengan prosedur pengumpulan data melalui
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul tekait
dengan model pendidikan akhlak dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan
menggunakan konsep yang diberikan oleh Miles dan Huberman yang meliputi
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) Materi pendidikan
akhlak yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak
Ponorogo bersumber pada Al Qur’an dan Hadits Rasullullah dengan mata
pelajaran seperti Ta’limu Muta’alim, Aqidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fiqih,
Mahfudlot, Mutholaah, Tafsir, SKI dan pelajaran-pelajaran lainnya, (2) Model
pendidikan akhlak yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan
Mlarak yaitu berupa keteladanan dan contoh dari para guru, memberi tuntunan,
menyentuh hati nurani siswa agar apa yang disampaikan guru dapat diterima
siswa dengan mudah, dengan memberikan kisah-kisah dari para sahabat dan
ulama’, menyampaikan tentang ketaqwaan dan tunduk akan aturan-aturan Allah,
serta melalui kebiasaan – kebiasaan yang diterapkan di madrasah tetsebut, (3)
Kelebihan model pendidikan akhlak ini, antara lain para siswa mendapatkan
berbagai macam keilmuan, mulai dari keagamaan, manajemen qalbu sampai
ketrampilan wirausaha. Adanya nota kesepakatan antara guru, siswa dan orang
tua. Dalam pendidikannya diajar oleh guru yang profesional, selalu ada
pengawasan dalam setiap kegiatan di madrasah. Selain itu ada kekurangan dari
pendidikan akhlak yang dilaksanakan seperti minimnya siswa yang berasrama,
serta ruang kelas yang ada dirumah penduduk memungkinkan siswa melanggar
aturan dan tata tertib di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak
Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 04:22 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 04:22 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |