IMPELEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PENGELOLAAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 BABADAN



MELIANA, ANI (2024) IMPELEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PENGELOLAAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 BABADAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
S.PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (722kB)
[thumbnail of HALAM DEPAN] Text (HALAM DEPAN)
HALAM DEPAN BARU.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I BARU.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BA II BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA BARU 2.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL fiks CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI SANGAT PENRING DILINGKUNGAN SEKOLAH ATAUPUN DILINGKUNGAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS), TERUTAMA DALAM PENGELOLAAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS). DISINI PENELITI BERTJUAN UNTUK SEBAGAI ERIKUT: 1). MENGETAHUI BAGAIMANA IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMORASI DALAM PENGELOLAAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS). 2). UNTUK MENGETAHUI APA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARHI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PENGELOLAAN ORGANISSIWA INTRA SEKOLAH (OSIS).
DALAM PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE CAMPURAN DENGAN METODE CONCURRENT EMBEDDEN. DENGAN TEKIK PENGUMPULAN DATA KUALITATIF DENGAN CARA WAWANCARA DAN DOKUMNTASI SERTA PENGEUMPULAN DATA KUANTITATIF YANG BERUPA ANGKET ATAU KUESIONER. RESPONDEN DALAM PENELITIAN INI ADALAH GURU PANCASILA, WAKA KESISWAAN, ANGGOTA DAN PENGURUS OSIS. SEDANGKAN YANG DALAM TEKNIS ANALISIS DATA YANG DIGUNAKAN BERUPA REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA DAN PENARIKAN SEIMPULAN.
HASIL PENELITIAN INI YAITU: 1). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PENGELOLAAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) BERHASIL MEPERLIHATKAN PRINSIP-PRINSIP DEMIKRASI SECARA EFEKTIF DI LINGKUNGAN SEKOLAH. IMPELEMENTASNYA DALAM PROSES PENELITIAN DILAKUKAN SECARA TRASNPARAN DAN ADIL, SERTA PENYELESAIANYA MASALAH DIJALANKAN MELALUI MUSYWARAH DAN VOTIN, YANG MENGAJARAKAN SISWA TETANG KOMPROMI DAN KERJA KOLEKTIF, SELAIN ITU, ENGGOTA OSIS JUGA SALING MENGAHRGAI TANPA MEMBEDA-BEDAKAN, MENCIPTAKAN LINGKUNGAN ORGANISASI YANG INKLUSIFDAN HARMONIS. 2). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PENGELOLAAN ORGANISASI SISWA INTRAS SEKOLAH (OSIS) YANG PALING DOMINAN BERPENGARUHNYA TERHADAP ASPEK KEPEDULIAN SISWA LIKUNGAN SEKOLAH DAN ASPEK PEMAHAN SISWA TERHADAP DEMOKRASI.
KATA KUNCI: IMPELEMENTASINILAI-NILAI DEMOKRASI, PENGELOLAAN ORGANISASI OSIS.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: DAFTARA PUSTAKA Alfi yudha. (2022). sikap demokrasi dilingkungan sekolah. Ambiro puji asmaroini, M. P., Drs. Sulton, M. S., & Drs. Sunarto, M. S. (20017). Sistem demokrasi di indonesia. Ardina Kamal, K. (2023). Implementasi Sikap Toleransi Siswa Di sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(1), 52–63. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.21938 Arianto, D. (2022). Dedi Arianto. 179–190. Asmaroini, A. P., & Utami, P. sinta. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Demokrasi Siswa SMA di Kabupaten Ponorogo. 2(2). Aulawi, A., & Srinawati, S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pengambilan Keputusan Organisasi Untuk Meningkatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Smk Darus Syifa Kota Cilegon. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i1.489 Ayu Christina Wati Yuanda. (2022). Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran civic education berbasis kapus merdeka belajar bagi mahasiswa sekolah tinggi ilmu tarbiyah insida jakarta (sebuah studi dari Undang-Undang Negara Republik Indonesia 1945). 105(3), 129–133. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id Azzahra, A., & Sumardjoko, B. (2023). Analisis Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri Gondangrejo. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 91–96. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.14990 Budiarti, I. (2023). Kasus SMPN 1 Ponorogo Minta Sumbangan Beli Mobil Bikin Wali Murid Elus Dada Baca artikel detikjatim, “Kasus SMPN 1 Ponorogo Minta Sumbangan Beli Mobil Bikin Wali Murid Elus Dada” selengkapnya https://www.detik.com/jatim/berita/d-6957695/kasus-smpn-1-ponor. Detikjatim. Cahyono, B., Sudarmanto, R. G., & Sinaga, R. M. (2017). Budaya Demokrasi pada OSIS. Budaya Demokrasi Pada Osis, 111. Ceswara, D. F. (2018). Manusia Dalam Sila Pancasila. Lex Scientia Law Review, 2(2), 227–241. Di, P., & Kartasura, S. (2023). MILENIAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER. Ekanti, R., Palupi, A., Ponorogo, U. M., Ekstrakurikuler, K., & Emas, G. (2015). GENERASI EMAS INDONESIA. November, 498–501. Emilda, A., Khairiah, & Aisyah. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Pada Generasi Muda Di Dunia Pendidikan Melalui Kegiatan Organisasi Intra Sekolah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 114–121. Eni. (2023). imppentasi nilai-nilai demokrasi di sekolah SD NEGERI 040508 SARINEMBAH KABUPATEN KARO. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 14(Mi), 5–24. Fachruddin, F. (2018). demokrasi pendidikan dan pendidikan demokrasi. Firmansyah, M. (2022). Geger Isu Dugaan Intoleransi dalam Pemilihan Ketua OSIS di SMA 52 Jakut. Gema, Y. G. A., & Inran, T. (n.d.). : llanusia Asasi Hak llcmahami dan Global llasional llonteks dalam. Hamdi, I., Soetrisnaadisendjaja, Lestari, D., & Yuni, R. (2019). Pembentukan Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Kegiatan Organisasi Di Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 4(1), 100–120. Irawan, S. (2011). Pengembangan bakat kepemimpinan siswa melalui kegiatan OSIS di SMA N 4 Depok. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015. Janesi, A., Rosmawardani, A., & Patmisari, P. (2023). Analisis Peran Guru dalam Membangun Nilai-Nilai Demokrasi Siswa melalui Pembelajaran PPKn di MAN 2 Ponorogo. 6, 5532–5541. kemendikbut. (2021). Kemendikbudristek Dorong Pendidikan Demokrasi di Sekolah Melalui Penguatan Literasi Kewargaan. Khotimah, K., & Harmanto. (2016). PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA Khusnul Khotimah Harmanto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(4), 1469–1484. Kurniandi. (2021). pintu kebebasan berekspresi. Lestari, H., Asbari, M., Pratiwi, D. E., & Munawaroh, E. F. (2023). Generasi Muda Kok Takut Bersuara? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 96–100. M.prawiro. (2023). No Title pengertain nilai,fungsi,ciri,terbentuknya. Manurung, H. P. & C. (2023). Kemanusiaan yang Berkeadilan dan Berkeadaban. Marwandianto, M., & Nasution, H. A. (2020). Hak Atas Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi dalam Koridor Penerapan Pasal 310 dan 311 KUHP. Jurnal HAM, 11(1), 1. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.1-25 Maryam, S., Nuswantari, & Kokotiasa, W. (2022). Impelementasi nilai-nilai demokrasi pada mata pelajaran PKndalam pembentukan karakter demokratis siswa kelas 8 di SMPNegeri 11 Madiun. Senassdra, 1, 538–546. Mokoginta, H. (2022). Penanaman Nilai Moderasi Beragama Siswa MTs N 2 kOTAMOBAGU melalui Simbol Agama, Konten Moderat dan Realasi Sosial. Journal of Islamic Education Policy, 7(1), 1–10. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/1722 Muslianti, S., Rahman, Y., & Trisno, B. (2023). Pendidikan Karakter Bersahabat Dan Komunikatif Melalui Kegiatan Osis di MAN 3 Agam Plus Keterampilan Kubang Putiah. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(4). Niland, N., Pearce, A. P., Naumann, D. N., O’Reilly, D., Series, P. B., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Orsini, R. J., Medicine, T., Kalkman, J. P., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Maiti, Bidinger, Assistance, H., Mitigate, T. O., Eroukhmanoff, C., & Licina, D. (2020). peranan organisasi siswa sekolah (osis) dalam membentuk karakter sosial siswa kelas VIII DI MTsN 1 PASURUAN. Global Health, 167(1), 1–5. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/ Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. A. N. (2020). PENANAMAN NILAI-NILAI KETERAMPILAN DEMOKRASI SISWA DI SMP NEGERI 3 NUSA PENIDA I Wayan Indra Wirawan , email : tnindra099@gmail.com I Wayan Kertih , email : wayan.kertih@gmail.com Dewa Bagus Sanjaya , email : bagus.sanjaya@undiksha.ac.id. 2(2), 247–256. Pendidikan, I., & Sobri, M. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 6174–6181. Pinilih, S. A. G. (2018). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Hak Atas Kebebasan Beragama Dan Beribadah Di Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 47(1), 40. https://doi.org/10.14710/mmh.47.1.2018.40-46 Prasetyo Budi. (2018). Peran penting dari pendidikan. 1–9. Putra, F. R. R. (2021). UPAYA PENGEMBANGAN BAKAT OLAHRAGA SISWA DI SMA NEGERI 1 BABADAN PONOROGO. 1–23. Rahayu, H. (2020). PENGEMBANGAN ORGANISASI SISWA ( OSIS ) MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( Studi Deskriptif di SMP Tut Wuri Handayani Kota Cimahi ). 13(2), 123–128. Riadi, O. M. (2019). Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis-jenis Ekstrakurikuler. Rukmini, B. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan DEWANTARA …, 7, 40–47. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/102%0Ahttps://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/download/102/66 Siregar, I. S. (2021). Optimalisasi Kepemimpinan OSIS Di Pondok Pesantren Izzur Risalah. Prosiding Konferensi Nasional I …, 1, 45–55. https://proceeding.stain-madina.ac.id/index.php/PROSIDINGNASIONAL-I/article/view/8 Sulistiyono, A. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Budaya Sekolah. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(2), 1–8. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.2329 Yuli Fatimah, Aris Riswandi Sanusi, & Yogi Nugraha. (2020). Solusi penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMPN 4 Klari. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 82–89. https://doi.org/10.36805/civics.v5i1.1331 Yusuf, M. ari. (2021). contoh demokrasi: pengertain,dan macam-macamnya. Zahra, A., & Kustomo. (2023). Kebebasan Berpendapat Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri Ngoro. 5th Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang, 235–242. DAFTARA PUSTAKA Alfi yudha. (2022). sikap demokrasi dilingkungan sekolah. Ambiro puji asmaroini, M. P., Drs. Sulton, M. S., & Drs. Sunarto, M. S. (20017). Sistem demokrasi di indonesia. Ardina Kamal, K. (2023). Implementasi Sikap Toleransi Siswa Di sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(1), 52–63. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.21938 Arianto, D. (2022). Dedi Arianto. 179–190. Asmaroini, A. P., & Utami, P. sinta. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Demokrasi Siswa SMA di Kabupaten Ponorogo. 2(2). Aulawi, A., & Srinawati, S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pengambilan Keputusan Organisasi Untuk Meningkatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Smk Darus Syifa Kota Cilegon. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i1.489 Ayu Christina Wati Yuanda. (2022). Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran civic education berbasis kapus merdeka belajar bagi mahasiswa sekolah tinggi ilmu tarbiyah insida jakarta (sebuah studi dari Undang-Undang Negara Republik Indonesia 1945). 105(3), 129–133. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id Azzahra, A., & Sumardjoko, B. (2023). Analisis Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri Gondangrejo. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 91–96. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.14990 Budiarti, I. (2023). Kasus SMPN 1 Ponorogo Minta Sumbangan Beli Mobil Bikin Wali Murid Elus Dada Baca artikel detikjatim, “Kasus SMPN 1 Ponorogo Minta Sumbangan Beli Mobil Bikin Wali Murid Elus Dada” selengkapnya https://www.detik.com/jatim/berita/d-6957695/kasus-smpn-1-ponor. Detikjatim. Cahyono, B., Sudarmanto, R. G., & Sinaga, R. M. (2017). Budaya Demokrasi pada OSIS. Budaya Demokrasi Pada Osis, 111. Ceswara, D. F. (2018). Manusia Dalam Sila Pancasila. Lex Scientia Law Review, 2(2), 227–241. Di, P., & Kartasura, S. (2023). MILENIAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER. Ekanti, R., Palupi, A., Ponorogo, U. M., Ekstrakurikuler, K., & Emas, G. (2015). GENERASI EMAS INDONESIA. November, 498–501. Emilda, A., Khairiah, & Aisyah. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Pada Generasi Muda Di Dunia Pendidikan Melalui Kegiatan Organisasi Intra Sekolah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 114–121. Eni. (2023). imppentasi nilai-nilai demokrasi di sekolah SD NEGERI 040508 SARINEMBAH KABUPATEN KARO. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 14(Mi), 5–24. Fachruddin, F. (2018). demokrasi pendidikan dan pendidikan demokrasi. Firmansyah, M. (2022). Geger Isu Dugaan Intoleransi dalam Pemilihan Ketua OSIS di SMA 52 Jakut. Gema, Y. G. A., & Inran, T. (n.d.). : llanusia Asasi Hak llcmahami dan Global llasional llonteks dalam. Hamdi, I., Soetrisnaadisendjaja, Lestari, D., & Yuni, R. (2019). Pembentukan Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Kegiatan Organisasi Di Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 4(1), 100–120. Irawan, S. (2011). Pengembangan bakat kepemimpinan siswa melalui kegiatan OSIS di SMA N 4 Depok. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015. Janesi, A., Rosmawardani, A., & Patmisari, P. (2023). Analisis Peran Guru dalam Membangun Nilai-Nilai Demokrasi Siswa melalui Pembelajaran PPKn di MAN 2 Ponorogo. 6, 5532–5541. kemendikbut. (2021). Kemendikbudristek Dorong Pendidikan Demokrasi di Sekolah Melalui Penguatan Literasi Kewargaan. Khotimah, K., & Harmanto. (2016). PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA Khusnul Khotimah Harmanto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(4), 1469–1484. Kurniandi. (2021). pintu kebebasan berekspresi. Lestari, H., Asbari, M., Pratiwi, D. E., & Munawaroh, E. F. (2023). Generasi Muda Kok Takut Bersuara? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 96–100. M.prawiro. (2023). No Title pengertain nilai,fungsi,ciri,terbentuknya. Manurung, H. P. & C. (2023). Kemanusiaan yang Berkeadilan dan Berkeadaban. Marwandianto, M., & Nasution, H. A. (2020). Hak Atas Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi dalam Koridor Penerapan Pasal 310 dan 311 KUHP. Jurnal HAM, 11(1), 1. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.1-25 Maryam, S., Nuswantari, & Kokotiasa, W. (2022). Impelementasi nilai-nilai demokrasi pada mata pelajaran PKndalam pembentukan karakter demokratis siswa kelas 8 di SMPNegeri 11 Madiun. Senassdra, 1, 538–546. Mokoginta, H. (2022). Penanaman Nilai Moderasi Beragama Siswa MTs N 2 kOTAMOBAGU melalui Simbol Agama, Konten Moderat dan Realasi Sosial. Journal of Islamic Education Policy, 7(1), 1–10. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/1722 Muslianti, S., Rahman, Y., & Trisno, B. (2023). Pendidikan Karakter Bersahabat Dan Komunikatif Melalui Kegiatan Osis di MAN 3 Agam Plus Keterampilan Kubang Putiah. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(4). Niland, N., Pearce, A. P., Naumann, D. N., O’Reilly, D., Series, P. B., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Orsini, R. J., Medicine, T., Kalkman, J. P., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Maiti, Bidinger, Assistance, H., Mitigate, T. O., Eroukhmanoff, C., & Licina, D. (2020). peranan organisasi siswa sekolah (osis) dalam membentuk karakter sosial siswa kelas VIII DI MTsN 1 PASURUAN. Global Health, 167(1), 1–5. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/ Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. A. N. (2020). PENANAMAN NILAI-NILAI KETERAMPILAN DEMOKRASI SISWA DI SMP NEGERI 3 NUSA PENIDA I Wayan Indra Wirawan , email : tnindra099@gmail.com I Wayan Kertih , email : wayan.kertih@gmail.com Dewa Bagus Sanjaya , email : bagus.sanjaya@undiksha.ac.id. 2(2), 247–256. Pendidikan, I., & Sobri, M. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 6174–6181. Pinilih, S. A. G. (2018). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Hak Atas Kebebasan Beragama Dan Beribadah Di Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 47(1), 40. https://doi.org/10.14710/mmh.47.1.2018.40-46 Prasetyo Budi. (2018). Peran penting dari pendidikan. 1–9. Putra, F. R. R. (2021). UPAYA PENGEMBANGAN BAKAT OLAHRAGA SISWA DI SMA NEGERI 1 BABADAN PONOROGO. 1–23. Rahayu, H. (2020). PENGEMBANGAN ORGANISASI SISWA ( OSIS ) MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( Studi Deskriptif di SMP Tut Wuri Handayani Kota Cimahi ). 13(2), 123–128. Riadi, O. M. (2019). Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis-jenis Ekstrakurikuler. Rukmini, B. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan DEWANTARA …, 7, 40–47. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/102%0Ahttps://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/download/102/66 Siregar, I. S. (2021). Optimalisasi Kepemimpinan OSIS Di Pondok Pesantren Izzur Risalah. Prosiding Konferensi Nasional I …, 1, 45–55. https://proceeding.stain-madina.ac.id/index.php/PROSIDINGNASIONAL-I/article/view/8 Sulistiyono, A. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Budaya Sekolah. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(2), 1–8. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.2329 Yuli Fatimah, Aris Riswandi Sanusi, & Yogi Nugraha. (2020). Solusi penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMPN 4 Klari. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 82–89. https://doi.org/10.36805/civics.v5i1.1331 Yusuf, M. ari. (2021). contoh demokrasi: pengertain,dan macam-macamnya. Zahra, A., & Kustomo. (2023). Kebebasan Berpendapat Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri Ngoro. 5th Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang, 235–242.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:49
Last Modified: 03 Nov 2025 06:02
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14847

Actions (login required)

View Item View Item