PENGARUH EXHAUST GAS RECIRCULATION (EGR) PADA MESIN DIESEL 1 SILINDER DENGAN BAHAN BAKAR CAMPURAN BIO DIESEL DAN ETANOL
ISWARA, DANNI (2024) PENGARUH EXHAUST GAS RECIRCULATION (EGR) PADA MESIN DIESEL 1 SILINDER DENGAN BAHAN BAKAR CAMPURAN BIO DIESEL DAN ETANOL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (8MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (290kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
|
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Karena penggunaan bahan bakar diesel dalam negeri meningkat rata-rata sebesar 5% per tahun dan produksinya hampir tidak memenuhi kebutuhan sebesar 75%, stok bahan bakar diesel semakin menipis setiap tahunnya. Kadar gas buang pada solar tinggi, ketika dikeluarkan selama pembakaran, gas pembakaran seperti HC, CO, dan NOx dapat mencemari udara dan menimbulkan risiko kesehatan bagi manusia jika tertelan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, exhaust gas recirculation (EGR) merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menurunkan emisi NOx dari mesin pembakaran. Penelitian ini menguji pengaruh variasi exhaust gas recirculation terhadap kinerja mesin dan emisi gas buang mesin diesel satu silinder yang menggunakan campuran etanol dan bio diesel berbahan dasar minyak sawit. Untuk setiap sampel, pengujian dilakukan berkali-kali dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Temuan uji performa mesin menunjukkan bahwa mesin tersebut menghasilkan tenaga 2,74 kW atau 2740 watt dan torsi 17,46 Nm pada bahan bakar campuran B80E20 dengan 10% EGR. Dengan EGR sebesar 10%, bahan bakar B80E20 menghasilkan efisiensi termal maksimum sebesar 23,62%. Selain itu, bahan bakar B80E20 dengan EGR 10% memiliki penggunaan bahan bakar terendah yaitu 342,17 gr/kWh. Sedangkan bahan bakar B80E20 dengan EGR 15% atau 29,63% menghasilkan hasil uji emisi gas buang paling rendah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Exhaust Gas Recirculation, Etanol, Bio diesel, Emisi Gas Buang |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Faculty of Engineering |
| Depositing User: | ft . userft |
| Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:30 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 05:54 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
