STRATEGI GURU DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ESTAFET BOLA



Pratiwi, Yuniar Ike, Kristiana, Dian and Muttaqin, Muhammad 'Azam (2024) STRATEGI GURU DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ESTAFET BOLA. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7 (9). pp. 10429-10437. ISSN eISSN: 2614-8854

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
halaman depan.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LOA & Peer Review YUNIAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of LAPORAN ARTIKEL JURNAL FULL TEXT] Text (LAPORAN ARTIKEL JURNAL FULL TEXT)
HALAMAN + ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
Official URL: https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/...

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fase krusial dalam perkembangan anak,
sering disebut sebagai masa keemasan. Salah satu aspek penting yang perlu
dikembangkan adalah kemampuan sosial, yang mencakup kesadaran diri, rasa
tanggung jawab, dan perilaku sesuai norma sosial. Permainan estafet bola telah
terencana dengan baik dalam pembelajaran bulanan di TKIT Insan Madani. Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru dalam menstimulasi kemampuan
sosial anak melalui permainan estafet bola di TKIT Insan Madani. Metode penelitian
yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru meliputi tahap pra
bermain, bermain, dan penutup. Pada tahap pra bermain, guru memberikan penjelasan
aturan dan memotivasi anak. Tahap bermain melibatkan pengamatan guru terhadap
interaksi anak dan memberikan dorongan. Tahap penutup melibatkan refleksi
pengalaman bermain anak. Strategi ini dapat memstimulasi dalam mengembangkan
kemampuan sosial anak, yang ditandai dengan kerjasama, pemahaman aturan, dan
tanggung jawab anak. Penelitian ini memberikan kontribusi pada praktik pembelajaran
PAUD dan pentingnya permainan dalam mengembangkan kemampuan sosial anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kemampuan Sosial, Permainan Estafet Bola, Strategi Guru, Perkembangan Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:53
Last Modified: 28 May 2025 02:57
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14972

Actions (login required)

View Item View Item