METODE DUAL CODING UNTUK MENSTUMULASI DAYA INGAT ANAK USIA DINI



SUSANTI, DWI, Kristiana, Dian and Rusdiani, Nurtina Irsad (2025) METODE DUAL CODING UNTUK MENSTUMULASI DAYA INGAT ANAK USIA DINI. Jurnal Indria Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal, 10 (1). ISSN ISSN 2579-7255 (Print) ISSN 2524-004X (Online)

[thumbnail of PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
dwi.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
halaman depan.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LoA san.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[thumbnail of LAPORAN ARTIKEL JURNAL FULL TEXT] Text (LAPORAN ARTIKEL JURNAL FULL TEXT)
all file.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan Metode Dual
Coding untuk menstimulasi daya ingat anak usia dini di TK Aisyiyah Ngebel.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data yang
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Metode Dual Coding untuk menstimulasi daya ingat anak di TK
Aisyiyah Ngebel terdiri dari tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi. Metode Dual Coding setiap sesi pembelajaran, anak-anak diberikan materi
berupa gambar, teks, dan kombinasi gambar-teks yang berkaitan dengan tema
pembelajaran saat itu. Anak-anak diminta untuk memperhatikan, mengamati, dan
mengingat informasi yang disajikan. Setelah itu, mereka diberi kesempatan untuk
menceritakan kembali apa yang telah mereka pelajari, baik secara lisan maupun
tertulis. Respon anak dalam pembelajaran secara keseluruhan, anak-anak
menunjukkan antusiasme yang tinggi selama proses pembelajaran menggunakan
metode dual coding. Kemampuan daya ingat anak-anak terbukti kuat, yang
ditunjukkan dengan ketelitian mereka, kemampuan untuk mempertahankan materi
yang disampaikan oleh guru, dan mengingat informasi yang diberikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Dual Coding, daya ingat anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:52
Last Modified: 28 May 2025 03:10
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15024

Actions (login required)

View Item View Item