ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI BRIGHT KIDDIE SCHOOLPONOROGO



Jannah, Aisah Nurul, Wulansari, Betty Yulia and Rusdiani, Nurtina Irsad (2024) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI BRIGHT KIDDIE SCHOOLPONOROGO. JURNAL RISET GOLDEN AGE PAUD UHO, 7 (3). ISSN p-ISSN 2615-6768, e-ISSN 2615-5664

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAJ KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAJ KARYA)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH AIS.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LoA Volume 7 Nomor 2_Aisah Nurul Jannah dkk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
HALAMAN DEPAN + ARTIKEL .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal/article/v...

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kompetensi guru di Bright Kiddie School Ponorogo
dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti
yakni metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Bright Kiddie School Ponorogo. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pendidik Bright Kiddie School Ponorogo telah memahami
kompetensi pedagogic yang harus dimiliki seorang pendidik yakni pendidik memahami karakteristik
peserta didik, dengan adanya assessment mulai dari assesmen diagnostic sampai assesmen sumatif, 2.
Menguasai dan memahami teori belajar serta prinsip-prisip pembelajaran dengan menggunakan
berbagai strategi, metode serta teknik pembelajaran sebagai motivasi siswa seperti pembicaraan
interaktif, pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran eksperimen, 3. Pendidik di Bright Kiddie
School Ponorogo sudah mengembangkan modul ajar setiap semester, 4. Kegiatan pembelajaran yang
mendidik guru bright Kiddie School Ponorogo melaksanakan pembelajaran sesuai dengan modul ajar
yang telah disusun setiap awal semester, 5. Mengembangkan potensi siswa melalui identifikasi bakat,
minat serta potensi yang dimiliki setiap siswa melalui ekstrakulikuler, 6. Komunikasi yang baik dengan
siswa melalui memberi perhatian serta merespon setiap pertanyaan dari siswa, 7. Penilaian dan evaluasi
yang digunakan di Bright Kiddie School Ponorogo ada beberapa penilaian seperti diagnostik, laporan
observasi peserta didik, serta formatif dan sumatif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guru Paud, Kompetensi Pedagogik, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 11 Sep 2024 05:48
Last Modified: 19 May 2025 02:01
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15162

Actions (login required)

View Item View Item