PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI
Sunarti, ., Nurjan, Syarifan and Muttaqin, Muhammad 'Azam (2024) PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN, 7 (9). pp. 10446-10453. ISSN E-ISSN: 2614-8854
![]() |
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
1. SURAT UNGGAH.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (ARTIKEL)
3. ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
4. LOA.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
![]() |
Text (ALL FILE)
5. ALL FILE.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran pola asuh orang tua dalam
perkembangan emosional anak usia dini. Menggunakan metode kualitatif, studi ini
melibatkan wawancara mendalam dengan sepuluh pasangan orang tua dan observasi
perilaku anak-anak berusia 3 hingga 5 tahun. Data dianalisis dengan teknik analisis
tematik untuk mengidentifikasi pola dan tujuan yang berkaitan dengan peran orang tua
sebagai pendidik, pembimbing, pengawas, fasilitator, dan teman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola asuh demokratis, yang ditandai dengan perhatian, dukungan
emosional, dan batasan yang konsisten, berkontribusi positif terhadap perkembangan
emosional anak. Anak-anak yang diasuh dengan pola ini cenderung memiliki
kemampuan regulasi emosi yang baik, rasa percaya diri yang tinggi, dan keterampilan
interaksi sosial yang efektif. Sebaliknya, pola asuh otoriter dan permisif, yang masingmasing ditandai oleh kontrol berlebihan dan kebebasan berlebihan, berhubungan
dengan masalah emosional seperti kecemasan dan agresivitas. Studi ini menekankan
pentingnya kesadaran orang tua akan dampak pola asuh mereka terhadap
perkembangan emosional anak. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup perlunya
program edukasi bagi orang tua untuk meningkatkan pemahaman tentang pola asuh
yang efektif dalam mendukung perkembangan emosional anak usia dini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan emosional, Parenting style, Emosional anak, Regulasi emosi, Pola asuh demokratis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 01:22 |
Last Modified: | 28 May 2025 02:52 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |