PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI



Sunarti, ., Nurjan, Syarifan and Muttaqin, Muhammad 'Azam (2024) PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN, 7 (9). pp. 10446-10453. ISSN E-ISSN: 2614-8854

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
1. SURAT UNGGAH.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
3. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
4. LOA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[thumbnail of ALL FILE] Text (ALL FILE)
5. ALL FILE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/J...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran pola asuh orang tua dalam
perkembangan emosional anak usia dini. Menggunakan metode kualitatif, studi ini
melibatkan wawancara mendalam dengan sepuluh pasangan orang tua dan observasi
perilaku anak-anak berusia 3 hingga 5 tahun. Data dianalisis dengan teknik analisis
tematik untuk mengidentifikasi pola dan tujuan yang berkaitan dengan peran orang tua
sebagai pendidik, pembimbing, pengawas, fasilitator, dan teman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola asuh demokratis, yang ditandai dengan perhatian, dukungan
emosional, dan batasan yang konsisten, berkontribusi positif terhadap perkembangan
emosional anak. Anak-anak yang diasuh dengan pola ini cenderung memiliki
kemampuan regulasi emosi yang baik, rasa percaya diri yang tinggi, dan keterampilan
interaksi sosial yang efektif. Sebaliknya, pola asuh otoriter dan permisif, yang masingmasing ditandai oleh kontrol berlebihan dan kebebasan berlebihan, berhubungan
dengan masalah emosional seperti kecemasan dan agresivitas. Studi ini menekankan
pentingnya kesadaran orang tua akan dampak pola asuh mereka terhadap
perkembangan emosional anak. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup perlunya
program edukasi bagi orang tua untuk meningkatkan pemahaman tentang pola asuh
yang efektif dalam mendukung perkembangan emosional anak usia dini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perkembangan emosional, Parenting style, Emosional anak, Regulasi emosi, Pola asuh demokratis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 13 Sep 2024 01:22
Last Modified: 28 May 2025 02:52
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15262

Actions (login required)

View Item View Item