Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berfikir Kritis Melalui Fun Science Pada Pendidikan Anak Usia Dini
Murni Stialis, MS, Betty Yulia Wulansari, BYW and Muhammad 'Azam Muttaqin, MAM (2024) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berfikir Kritis Melalui Fun Science Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berfikir Kritis Melalui Fun Science Pada Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (9). pp. 10986-10994. ISSN 2614-8854
![]() |
Text
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN_ MURNI STIALIS _22340296_PGPAUD.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5559-Article Text-39060-1-10-20240906.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LOA & Peer Review_703.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
![]() |
Text
1. MURNI STIALIS - ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif berpikir kritis pada anak usia dini melalui pendekatan Fun Science dalam konteks pendidikan di KB.Mutiara Hati, metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk mencapai tujuan ini. Studi ini dilakukan di sebuah pendidikan anak usia dini dengan mengikuti langkah-langkah siklus PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Pada pratindakan menunjukkan presentase 40% anak yang menunjukkkan kemampuan kognitif berfikir kritis. Pada siklus 1 didapatkan hasil sebanyak 55%, ,siklus 2 pertemuan 2 didapatkan hasil sebanyak 85% anak yang menunjukkan kenaikan nilai kemampuan kognitif berfikir kritis. Hasil yang didapat pada siklus II telah melampaui target capaian yang diharapkan yaitu 85%, maka penelitian dihentikan pada siklus II dan tidak dilanjutkan Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mengamati, mengidentifikasi masalah,, mengajukan pertanyaan, dan mencari solusi. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berpikir logis dan analitis. Dengan demikian, pendekatan Fun Science dalam pendidikan anak usia dini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif berpikir kritis anak-anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:42 |
Last Modified: | 28 May 2025 03:00 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |