Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berfikir Kritis Melalui Fun Science Pada Pendidikan Anak Usia Dini



Murni Stialis, MS, Betty Yulia Wulansari, BYW and Muhammad 'Azam Muttaqin, MAM (2024) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berfikir Kritis Melalui Fun Science Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berfikir Kritis Melalui Fun Science Pada Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (9). pp. 10986-10994. ISSN 2614-8854

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf] Text
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN_ MURNI STIALIS _22340296_PGPAUD.pdf] Text
HALAMAN DEPAN_ MURNI STIALIS _22340296_PGPAUD.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5559-Article Text-39060-1-10-20240906.pdf] Text
5559-Article Text-39060-1-10-20240906.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of LOA & Peer Review_703.pdf] Text
LOA & Peer Review_703.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of 1. MURNI STIALIS - ARTIKEL.pdf] Text
1. MURNI STIALIS - ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5559

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif berpikir kritis pada anak usia dini melalui pendekatan Fun Science dalam konteks pendidikan di KB.Mutiara Hati, metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk mencapai tujuan ini. Studi ini dilakukan di sebuah pendidikan anak usia dini dengan mengikuti langkah-langkah siklus PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Pada pratindakan menunjukkan presentase 40% anak yang menunjukkkan kemampuan kognitif berfikir kritis. Pada siklus 1 didapatkan hasil sebanyak 55%, ,siklus 2 pertemuan 2 didapatkan hasil sebanyak 85% anak yang menunjukkan kenaikan nilai kemampuan kognitif berfikir kritis. Hasil yang didapat pada siklus II telah melampaui target capaian yang diharapkan yaitu 85%, maka penelitian dihentikan pada siklus II dan tidak dilanjutkan Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mengamati, mengidentifikasi masalah,, mengajukan pertanyaan, dan mencari solusi. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berpikir logis dan analitis. Dengan demikian, pendekatan Fun Science dalam pendidikan anak usia dini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif berpikir kritis anak-anak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:42
Last Modified: 28 May 2025 03:00
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15285

Actions (login required)

View Item View Item