MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK: TRADISI INDONESIA DI SB AMI PENANG



Dwi Saputri, Wahyu, Januar Mahardhani, Ardhana and Yulia Wulansari, Betty (2023) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK: TRADISI INDONESIA DI SB AMI PENANG. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek: Tradisi Indonesia di SB AMI Penang, V 14 (1). ISSN 2086-4876

[thumbnail of SURAT  PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FILE ARTIKEL] Text (FILE ARTIKEL)
FILE ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of FILE ARTIKEL FULL] Text (FILE ARTIKEL FULL)
FILE ARTIKEL FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peningkatan kreativitas anak usia dini melalui
pembelajaran berbasis proyek tradisi Indonesia. Tujuan utama dari penelitian ini
adalah untuk mengevaluasi bagaimana kegiatan PBL yang relevan secara budaya,
menggabungkan tradisi Indonesia, dapat meningkatkan kreativitas pada pelajar
anak usia dini di SB Ami Penang. Metode yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif. Pada pendekatan ini menggunakan metode eksperimen dan TTCT.
Penelitian ini melibatkan perancangan dan pelaksanaan kegiatan PBL berdasarkan
tradisi Indonesia selama satu bulan. Subyek dalam penelitian ini yaitu anak usia
dini di SB Ami Penang. Kreativitas dinilai menggunakan Torrance Tests of
Creative Thinking (TTCT) sebelum dan sesudah intervensi. Analisis skor TTCT
menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam berbagai aspek kreativitas,
termasuk kelancaran, orisinalitas, dan elaborasi, di antara anak-anak yang
berpartisipasi dalam kegiatan PBL yang diperkaya budaya. Data kualitatif
mendukung temuan ini, mengungkapkan tingkat keterlibatan, kreativitas, dan
antusiasme yang tinggi di antara anak-anak. Guru dan orang tua juga mengamati
peningkatan nyata dalam pemikiran kreatif dan kemampuan pemecahan masalah
anak-anak. Integrasi tradisi Indonesia ke dalam kegiatan PBL secara efektif
meningkatkan kreativitas pada peserta didik anak usia dini. Temuan menunjukkan
bahwa pendekatan pendidikan yang relevan secara budaya dapat secara signifikan
berkontribusi pada pengembangan kreatif anak-anak. Studi ini memberikan
wawasan berharga bagi pendidik dan pembuat kebijakan tentang penerapan PBL
yang disesuaikan secara budaya untuk menumbuhkan kreativitas dalam pendidikan
yang beragam.
Kata kunci: kreativitas, tradisi, Project Based Learning.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kreativitas, tradisi, Project Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 28 May 2025 02:55
Last Modified: 28 May 2025 02:55
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15301

Actions (login required)

View Item View Item