PENGARUH PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA KURIKULUM MERDEKA DI TK DHARMA WANITA
Kurniawati, Rina, Kristiana, Dian and Muttaqin, Muhammad ‘Azam (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA KURIKULUM MERDEKA DI TK DHARMA WANITA. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7 (2). ISSN P-ISSN:2615-4560 E-ISSN:2620-5270
![]() |
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA RINA.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN RINA - Salin.pdf Download (885kB) |
![]() |
Text (ARTIKEL JURNAL)
JURNAL RINA..pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
![]() |
Text (LOA)
LOA RINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN FULL)
HALAMAN DEPAN FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kreativitas menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dikembangkan sejak usia dini, maka dari itu dibuatlah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh penerapan metode Project Based Learning terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun pada Kurikulum Merdeka di TK Dharma Wanita. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design). Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Setelah itu di analisis datanya menggunakan Spss. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penilaian kreativitas anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai rata-rata kreativitas anak pada kelompok eksperimen (87,40) jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (77,60). Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode Project Based Learning memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini sejalan dengan tujuan Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pengembangan kreativitas dan keterampilan anak. Implikasinya, metode Project Based Learning dapat dipertimbangkan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran efektif untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dalam konteks Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Kreativitas, Kurikulum Merdeka, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:11 |
Last Modified: | 28 May 2025 02:43 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |