PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS IX SMP/MTs
ERYFIANAWATI, ZHULLAIKHAH (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS IX SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Preview |
Text
ARTIKEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (50MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Modul Matematika, Statistika
Penelitian ini dilakukan karena keterbatasan bahan ajar di sekolah dan belum adanya modul
matematika pada materi statistika, sehingga peneliti perlu membuat sebuah bahan ajar yaitu modul
matematika pada materi statistika sehingga dapat dijadikan sebagai buku suplemen siswa. Tujuan dari
penelitian ini adalah membuat modul matematika yang baik sesuai dengan silabus KTSP tahun 2006.
Menurut Puslitjaknov (2008: 11), prosedur penelitian dan pengembangan Borg and Gall (1983) yang
terdiri dari 10 langkah dapat dilakukan dengan lebih sederhana melibatkan 5 langkah utama: (1) Melakukan
analisis produk yang akan dikembangkan; (2) Mengembangkan produk awal; (3) Validasi ahli dan revisi; (4)
Uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) Uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.
Sebelum melaksanakan uji coba lapangan skala kecil, modul terlebih dahulu divalidasikan kepada validator.
Validasi dilakukan oleh 3 validator yang terdiri dari 2 guru dan 1 dosen. Tahap uji coba lapangan skala besar
tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga yang dimiliki peneliti. Sehingga tahap akhir
setelah uji coba lapangan skala kecil dan revisi adalah penyempurnaan modul (produk akhir).
Berdasarkan hasil validasi modul diperoleh persentase persepsi validator yaitu 89% dan untuk uji coba
lapangan skala kecil diperoleh persentase respon siswa sebesar 90%. Disimpulkan bahwa modul yang
dikembangkan adalah baik, valid, mudah difahami, dapat dijadikan sebagai buku suplemen siswa, serta
mendapat respon yang positif dari siswa tentang pembelajaran menggunakan modul.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 Dec 2015 02:36 |
Last Modified: | 12 Dec 2015 02:36 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |