Pengaruh Campuran Bahan Bakar Biodiesel Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang Pada Mesin Diesel Direct Injection
Pratama, Trio Egi (2025) Pengaruh Campuran Bahan Bakar Biodiesel Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang Pada Mesin Diesel Direct Injection. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
A PERSETUJUAN.pdf Download (67kB) |
|
|
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (10MB) |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Download (4MB) |
|
|
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR Pustaka.pdf Download (375kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Peningkatan jumlah kendaraan bermotor meningkat pula penggunaan bahan bakar fosil. Hal ini berbanding terbalik dengan ketersediaan bahan bakar fosil yang semakin menipis maka tujuan dari penelitian ini menciptakan terobosan bahan bakar nabati / terbarukan sebagai penganti bahan bakar fosil dan mengetahui performa bahan bakar pada kendaraan. Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan campuran biodiesel, pada bahan bakar biodiesel diperoleh dari B100 minyak sawit dilakukan pencampuran biodiesel minyak sawit dengan dexlite pertamina dengan perbandingan 700ml : 300ml menggunakan magnetic stirer dengan rpm tertentu. Setelah itu dilakukan pengujian performa dan opasitas gas buang dengan metode eksperimen dynotest dan smoke meter menggunakan engine diesel direct injection. Dengan variasi bahan bakar : BioSolar Pertamina, B30, B40, B50, B60 minyak sawit. Hasil pengujian performa dilakukan pada putaran 2000 rpm sampai 6000 rpm dengan interval 1000 rpm. kendaraan uji yang digunakan mesin Diesel Direct Injection pada putaran 2000 rpm menghasilkan torsi terbaik menggunakan bahan bakar B40 yang menghasilkan torsi 101,6 Nm. Daya tertinggi diperoleh pada putaran 2000 rpm menggunakan bahan bakar B40 yang menghasilkan daya 53,1Hp. Pengujian Opasitas Gas buang dengan bahan bakar B40 pada kondisi putaran rendah menunjukkan nilai pengujian 2,1%. Kesimpulan pada penelitian ini hasil terbaik variasi bahan bakar terjadi pada B40 yang menunjukkan nilai torsi dan daya tertinggi yaitu 101,6 Nm dan 53,1 hp serta opasitas yang rendah pada putaran rendah dengan nilai 2.1%.
Kata Kunci : Biodiesel, Performa, Emisi Gas Buang, Mesin Diesel Direct Injection
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Biodiesel, Performa, Emisi Gas Buang, Mesin Diesel Direct Injection |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering |
| Depositing User: | Trio Egi Pratama |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 04:04 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 04:04 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/16821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
