GURU IDEAL MENURUT K. H. IMAM ZARKASYI
Rustiani, Nika (2015) GURU IDEAL MENURUT K. H. IMAM ZARKASYI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
Cover Skripsi, Surat Pernyataan, Halaman Pengesahan.pdf Download (76kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (76kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (38kB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran2.pdf Download (212kB) | Preview |
Preview |
Text
Persembahan, Motto, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Guru Ideal, K. H. Imam Zarkasyi
Guru adalah sosok yang paling diperhatikan belakangan ini, bukan saja dari
profesionalismenya, tapi mencakup seluruh aktivitas kesehariannya. Guru
dianggap manusia yang harus bertindak sempurna. Selain itu, guru seakan dituntut
untuk bertindak seperti makhluk yang harus bersih dari segala bentuk tindak
amoral. Maka dari itu, sosok guru idealpun sangat diperlukan sebagai figur
teladan, baik ideal dalam hal karakteristiknya maupun dalam konsep
pendidikannya. K. H. Imam Zarkasyi merupakan sosok guru ideal yang telah
sukses dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran, terlebih lagi dalam
membina kualitas mutu guru.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) definisi guru ideal
menurut K. H. Imam Zarkasyi. 2) karakteristik guru ideal menurut K. H. Imam
Zarkasyi. 3) konsep pendidikan guru ideal menurut K. H. Imam Zarkasyi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi tokoh atau sering disebut
juga dengan penelitian tokoh atau penelitian riwayat hidup individu (individual
life history) dalam bentuk penelitian kepustakaan (library research).
Pengumpulan data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: tahap orientasi,
eksplorasi dan penelitian terfokus. Adapun metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh,
selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis taksonomi, analisis deskripsi
dan analisis isi (content analysis).Temuan dalam skripsi ini membuktikan bahwa: 1) Guru ideal menurut K. H.
Imam Zarkasyi adalah guru itu tidak sekedar transfer knowladge, tapi juga yang
bisa memimpin dan siap untuk dipimpin, mendidik secara utuh, dengan
melibatkan diri secara konsekuen lillahi ta’ala, konsisten pada nilai dan
konsekuen dengan segala resikonya. 2) Karakteristik guru ideal menurut K. H.
Imam Zarkasyi yang juga merupakan cerminan jiwa beliau adalah disiplin tinggi,
selalu kuat dalam memegang prinsip, tidak tergoda dengan nikmat duniawi,
telaten dalam masalah ilmu; nilai-nilai etis; kesederhanaan; kesahajaan dan
tanggung jawab dalam mendidik para santri, pekerja keras, selalu bersungguhsungguh
dan ikhlas dalam mengajar dan mendidik santrinya, selalu perhatian
kepada santrinya seperti yang telah tertuang dalam Panca Jiwa Pondok Modern
Gontor dan yang tidak kalah penting adalah beliau mampu memberikan suri
tauladan yang baik yang barangkali itu sulit dicontoh oleh para pendidik
umumnya. 3) Konsep pendidikan guru ideal menurut K. H. Imam Zarkasyi di
antaranya adalah totalitas pembentukan manusia sebagai manusia, dengan
menggunakan sistem klasikal, penjenjangan, disiplin yang keras, berlitz (metode
langsung/direct method dan tidak menggunakan terjemah), thariqah mubasyarah,
permisalan gambar dan penyampaian pembelajaran dengan bahasa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 19 Dec 2015 05:01 |
Last Modified: | 19 Dec 2015 05:01 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |