PENGARUH PAYDAY SALE, LIVE STREAMING DAN VOUCHER DISKON TERHADAP IMPLUSIVE BUYING DI PLATFORM SHOPEE
Hasanah, Ma'rifatun (2025) PENGARUH PAYDAY SALE, LIVE STREAMING DAN VOUCHER DISKON TERHADAP IMPLUSIVE BUYING DI PLATFORM SHOPEE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (95kB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (567kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (93kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
|
|
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh payday sale, live streaming dan voucher diskon terhadap impulsive buying pada pengguna platform e-comerce shopee. Fenomena meningkatnya aktifitas belanja online terutama pada preode payday sale menjadi latar belakang penting dalam penelitian ini. Strategi promosi lainnya seperti fitur live streaming yang interaktif, serta penggunan voucher diskon dinilai mampu mendorong impulsive buying di platform shopee.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey melalui penyebaran kuisioner kepada 70 responden yang merupakan pengguna aktif aplikasi shopee dan pernah melakukan pembelian minimal satu kali dalam priode tiga bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas (payday sale, live streaming dan voucher diskon) terhadap variabel terikat (impulsive buying).
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa live streaming terbukti memiliki pengaruh yang signifikan karena mampu menciptakan interaksi langsung antara penjual dan pembeli, memberikan visualisasi produk secara real-time, dan membangun koneksi sosial yang kuat. Sedangkan variabel Payday sale merupakan strategi promosi yang efektif secara persepsi dan sangat menarik perhatian konsumen. Akan tetapi dalam konteks penelitian ini, payday sale tidak memiliki pengaruh signifikan secara statistik terhadap prilaku impulsive buying di platform shopee. Untuk variabel voucher diskon juga menunjukkan pengaruh positif namun tidak signifikan secara statistik. Yang berarti strategi ini lebih cocok untuk digunakan sebagai pelengkap atau pendukung dari strategi utama daripada di jadikan sebagai pemicu utama prilaku impulsive buying di platform shopee.
Menariknya dalam penelitian ini ditemukan pada saat ketiga strategi di kombinasikan, mereka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prilaku impulsive buying di platform shopee. Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi antara berbagai strategi dapat menciptakan dampak yang lebih kuat daripada menggunakan satu strategi saja. temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku bisnis e-comerce dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, serta menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen agar lebih bijak dalam belanja online.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | impulsive buying, payday sale, live streaming, voucher diskon, shopee. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Economic > Department of Management |
| Depositing User: | Ma'rifatun Hasanah |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 06:09 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 06:09 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17448 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
