PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALJABAR BOOLEAN DAN GERBANG LOGIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE ADDIE DI SMKN 1 NGADIROJO
Pradana, Yofhi Fauda (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALJABAR BOOLEAN DAN GERBANG LOGIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE ADDIE DI SMKN 1 NGADIROJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1 SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (125kB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
2 HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (BAB I)
3 BAB I.pdf Download (279kB) |
|
|
Text (BAB II)
4 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
5 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
7 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
9 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (991kB) | Request a copy |
|
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10 SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Aljabar Boolean dan Gerbang Logika di SMKN 1 Ngadirojo kerap mengalami kesulitan memahami konsep karena materi masih disampaikan secara abstrak dan statis. Hal ini menunjukkan perlunya media pembelajaran interaktif berbasis Android yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android untuk membantu siswa SMKN 1 Ngadirojo memahami materi Aljabar Boolean dan Gerbang Logika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) secara sistematis. Hasil penelitian berupa aplikasi Android yang memuat modul materi Aljabar Boolean, simulasi gerbang logika, dan kuis interaktif sebagai evaluasi pemahaman. Pengujian fungsionalitas menggunakan metode black box menunjukkan bahwa seluruh fitur aplikasi berjalan sesuai spesifikasi dan tanpa kesalahan signifikan. Kesimpulannya, media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan ini layak digunakan dan diharapkan dapat membantu siswa memahami materi secara lebih interaktif dibandingkan dengan metode konvensional.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Aljabar Boolean, Android, Blackbox Testing, Gerbang Logika, Media Pembelajaran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering |
| Depositing User: | Yofhi Fauda Pradana |
| Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:40 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:59 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
