PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF JIGSAW DITINJAU DARI MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII



YUNITA, ERNA (2016) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF JIGSAW DITINJAU DARI MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (810kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang mendapatkan hasil belajar yang rendah
dipengaruhi oleh minat siswa serta pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat, hal ini berdasarkan
hasil wawancara dengan guru wali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh penggunaan model
pembelajaran PBL dan PBL dengan setting Jigsaw terhadap hasil belajar. (2) pengaruh model pembelajaran
PBL dan PBLdengan setting Jigsaw ditinjau dari minat siswa. (3) pengaruh minat siswa terhadap hasil belajar
siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi eksperiment). Populasi yang
digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Puhpelem tahun ajaran 2015 yang terdiri dari 4 kelas
yaitu kelas VIIIA,VIII B, VIIIC dan VIII D. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas
VIII A yang dikenai model PBL setting Jigsaw dan VIII B yang dikenai model PBL.Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data digunakan uji t-test untuk
rumusan masalah 1 dan 2, kemudian uji anava dua jalur sel tak sama untuk rumusan masalah 3. Uji lanjut
anava digunakan uji komparasi ganda dengan metode scheffe.
Dari hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh antara
model pembelajaran PBL dan PBL dengan setting Jigsaw terhadap hasil belajar - ttabel < thitung < ttabel yaitu -
2,00 < 2,27 > 2,00. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 = 77,774 dan
nilai rata-rata kelas eksperimen 2 = 70,194 maka model PBL dengan setting Jigsaw lebih baik dibandingkan
dengan model PBL. (2) tidak ada pengaruh antara model pembelajaran PBL dan PBL dengan setting Jigsaw
ditinjau dari minat siswa –ttabel < thitung < ttabel yaitu -2,00 < 1,74 < 2,00. (3) terdapat pengaruh minat terhadap
hasil belajar serta ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai minat tinggi, sedang dan rendah.
Hal ini dapat dilihat dari hasil uji anava diperoleh nilai Fb= 84,06 dan Ftabel= 3,16. Berdasarkan hasil dari uji
komparasi ganda pada taraf signifikan 5% bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai
minat tinggi dan siswa yang mempunyai minat sedang hal ini dapat dilihat dari I1 = I2 diperoleh nilai
Fobs=69,88 dan Ftabel=3,16, ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai minat tinggi dan siswa
yang mempunyai minat rendah hal ini dapat dilihat dari I1 = I3 diperoleh nilai Fobs=141,01 dan Ftabel=3,16
dan ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai minat sedang dan siswa yang mempunyai
minat rendah hal ini dapat dilihat dari I2 = I3 diperoleh nilai Fobs=43,53 dan Ftabel=3,16..
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Minat Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning
Dengan Setting Kooperati Jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:54
Last Modified: 30 Mar 2016 01:54
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item