PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE ( TTW) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIIIB SMP N 3 SLAHUNG TAHUN AJARAN 2015/2016



SAROH, SITI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE ( TTW) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIIIB SMP N 3 SLAHUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1.pdf]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pembelajaran yang bersifat konvensional, siswa tidak aktif
dalam pembelajaran dan hasil belajar matematika yang masih rendah. Dalam proses pembelajaran guru
memulai dari menjelaskan materi, memberikan contoh dan dilanjutkan dengan latihan soal, sehingga
pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan komunikasi
matematik dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV kelas VIIIB SMP N 3 Slahung tahun ajaran 2015-
2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk
Write (TTW) untuk meningkatkan komunikasi matematik dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV Kelas
VIIIB SMP N 3 Slahung tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, proses penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa
siklus, masing- masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP N 3 Slahung yang terdiri dari 20 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan komunikasi matematik dan hasil belajar siswa
melalui strategi Think Talk Write (TTW). Hasil tersebut dapat diketahui dari hasil berikut : (1) secara klasikal
komunikasi matematik siswa pada siklus I mencapai 65% dan siklus II mencapai 85%. Peningkatan tersebut
karena adanya upaya perbaikan yang dilakukan pada siklus II yaitu : (a) Guru membuat LKS yang lebih
menarik dan mudah dipahami oleh siswa (b) Dalam tahap Talk Guru lebih memotivasi siswa (c) Guru lebih
memperjelas petunjuk pengerjaan agar semua siswa tidak ada yang salah dalam pengerjaan (2) secara
klasikal hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 70% dan siklus II 80%. Peningkatan tersebut karena adanya
upaya perbaikan yang dilakukan pada siklus II yaitu : (a) guru menekankan siswa untuk menulis langkahlangkah
penyelesaian masalah bukan hanya menuliskan jawaban akhirnya, (b) guru menekankan siswa
untuk menuliskan “ diketahui “ dan “ditanya” pada setiap soal.
Kata Kunci :Think Talk Write (TTW), Komunikasi Matematik, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:14
Last Modified: 30 Mar 2016 02:14
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item View Item