PENERAPAN STRATEGI REACT MENGGUNAKAN TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VIIB MTs AS-SALAM SOOKO TAHUN AJARAN 2015/2016



DIAN ERNAWATI, IKA (2016) PENERAPAN STRATEGI REACT MENGGUNAKAN TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VIIB MTs AS-SALAM SOOKO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Strategi REACT, Scaffolding, Minat Belajar, Pemahaman Konsep Matematika
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan pemahaman konsep matematika siswa. Dalam
proses pembelajaran guru menjelaskan konsep secara informatif, memberikan contoh soal, dan memberikan
soal- soal latihan. Hal ini menyebabkan kemampuan pemahaman konsep matematika rendah, karena siswa
tidak dituntut menemukan konsep matematika sendiri. Akibatnya hasil belajar siswapun kurang baik.
Menurut beberapa siswa di MTs As-Salam, matematika merupakan pelajaran yang sulit dan ditakuti,
sehingga minat untuk belajar matematika sangat rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah : (1) Bagaimana penerapan strategi REACT menggunakan teknik scaffolding untuk meningkatkan
minat belajar matematika siswa pada materi perbandingan kelas VIIB MTs As-salam Sooko tahun pelajaran
2015/2016, (2) Bagaimana penerapan strategi REACT menggunakan teknik scaffolding untuk meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi perbandingan kelas VIIB MTs As-salam
Sooko tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi REACT
menggunakan teknik scaffolding yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan kemampuan pemahaman
konsep matematika pada siswa kelas VIIB MTs As- Salam Sooko.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa
siklus, masing- masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)
pengamatan, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB MTs As-Salam Sooko yang terdiri
dari 21 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat dan kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa melalui strategi REACT menggunakan teknik scaffolding. Hasil tersebut dapat diketahui
dari hasil berikut: (1) Secara klasikal minat belajar matematika siswa pada siklus I mencapai 73,45% dan
siklus II mencapai 81,54%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,09%. Peningkatan
tersebut terjadi karena adanya upaya perbaikan yang dilakukan pada siklus II yaitu: (a) Kelompok diskusi
tidak lagi beranggotakan 4-5 tetapi terdiri dari 3 siswa, (b) guru memberikan motivasi dan memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari matematika, (c) pembelajaran dibuat lebih santai dan guru
memberikan hadiah dan pujian kepada siswa yang mempresentasikan hasil diskusinya dengan benar. (2)
Secara klasikal pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I yaitu 68,75, pada siklus II yaitu 79,11.
Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,36. Adapun upaya perbaikan yang dilakukan
pada siklus II yaitu guru menekankan kepada siswa untuk menuliskan langkah per langkah dengan tepat, baik
dari apa yang diketahui, ditanyakan, bagaimana rumusnya, dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:14
Last Modified: 30 Mar 2016 03:14
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item