Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs An Nuur Trisono Tahun Pelajaran 2015/2016



EFRIANTI, MELITA (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs An Nuur Trisono Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar.
Pembelajaran yang kurang menarik dan monoton menyebabkan rendahnya aktivitas belajar
dan motivasi belajar siswa kelas VII MTs An Nuur Trisono. Siswa kurang aktif dalam bertanya,
menanggapi pertanyaan, mengemukakan pendapat dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru
dan model pembelajaran yang digunakan juga masih kurang bervariasi. Faktor lain yang
menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa adalah pada saat proses belajar mengajar guru tidak
melibatkan siswa untuk melakukan aktivitas belajar didalam kelas. Untuk meningkatkan aktivitas dan
motivasi belajar siswa pada penelitian ini akan diterapkan model pembelajaran Problem Based
Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model yang menitik beratkan
pada pemberian permasalahan dari hal yang nyata dengan mengkaitkannya dalam kehidupan seharihari
yang bernilai realistik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan motivasi belajar siswa
setelah pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi himpunan melalui model pembelajaran
Problem Based Learning siswa kelas VII MTs An Nuur Trisono.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VII
MTs An Nuur Trisono yang terdiri dari 15 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu
siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan pembelajaran dan satu kali tes akhir siklus, dan begitu
pula dengan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi
(aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran), dan angket setiap akhir siklus.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan aktivitas belajar siswa sebesar 79,93% sedangkan
pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 95,27%. Pada siklus I menunjukkan motivasi
belajar siswa sebesar 77,52%, sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi
87,01%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:57
Last Modified: 31 Mar 2016 02:57
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item