IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB PONDOK PESANTREN NASHRUS SUNNAH KOTA MADIUN



Rohayati, Sri Awami (2025) IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB PONDOK PESANTREN NASHRUS SUNNAH KOTA MADIUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya)
Super Unggahan.pdf

Download (314kB)

Abstract

ABSTRAK

Sri Awami Rohayati. 2025: “Implementasi Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Pondok Pesantren Nashrus Sunnah Kota Madiun”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (I) Dr. Anip Dwi Saputro, M. Pd. (II) Dr. Muh Tajab, M.A.
Kata kunci: Bahasa, ketrampilan, Sosiodrama
Metode sosiodrama dalam pembelajaran keterampilan Bahasa Arab adalah metode pembelajaran bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam berbicara bahasa arab. Di Pondok Pesantren Nashrus Sunnah yang terletak di Kota Madiun, menerapkan metode sosiodrama bertujuan mengembangkan keterampilan bahasa arab dalam aspek menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Ini sesuai dengan teori Howard Gardner yaitu kemampuan seseorang untuk berfikir dalam kata-kata, tulisan, menyampaikan ide, memahami bahasa.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah tenaga pendidik dan santri pondok pesantren Nashrus Sunnah yang tergabung dalam kegiatan sosiodrama. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini, implementasi metode sosiodrama dalam pembelajaran keterampilan bahasa arab, menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan berbicara siswa. sosiodrama melibatkan santri secara aktif dalam kegiatan bermain peran atau simulasi situasi tertentu dengan menggunakan bahasa Arab. Dengan cara ini santri dapat latihan menyimak dan berbicara dalam bahasa Arab secara aktif. Peran dari guru yaitu memfasilitasi, penggugah semangat dan santri memiliki peran sentral dalam proses belajar yang aktif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahasa, ketrampilan, Sosiodrama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Sri Awami Rohayati Sri Awami Rohayati
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:08
Last Modified: 28 Oct 2025 06:08
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18240

Actions (login required)

View Item View Item