Implementasi Pendekatan Habitus Dalam Pembentukan Ahklak Terpuji Santri Di Pondok Pesantren Hasan Munadi Ponorogo Indonesia
Yani, Yani (2025) Implementasi Pendekatan Habitus Dalam Pembentukan Ahklak Terpuji Santri Di Pondok Pesantren Hasan Munadi Ponorogo Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 26 (2). pp. 1-16. ISSN 2722-2632
|
Text (surat persetujuan unggah karya)
persetujuan unggah karya yani.pdf Download (303kB) |
|
|
Text (halaman depan)
halaman depan betul.pdf Download (819kB) |
|
|
Text (Journal Terbit New)
journal terbit new.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
|
Text (Lampiran LOA)
Lampiran LOA NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (laporan jornal ilmiah full)
LAPORAN YANI NASKAH UJIAN ASLI new.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak
Indonesia Mengalami Dekadensi Akhlak yang sangat mengkhawatirkan dari aspek Korupsi, Pergaulan Bebas, Narkoba, Membutuhkan Perhatian Serius Dalam Pembentukan Akhlak Terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan habitus dalam pembentukan akhlak terpuji santri, langkah-langkah implementasi pendekatan habitus dalam dalam pembentukan akhlak terpuji santri, serta faktor pendukung dan penghambat ilmpementasi pendekatan habitus dalam pembentukan akhlak terpuji santri di pesantren. Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif, dengan instrument pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap kyai, ustadz-ustadzah dan santri yang diplih secara purposive, observasi mendalam, dan analisis dokumen. Analisis data melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan habitus menjadi salah satu pendekatan yang penting dalam pembentukan akhlak terpuji agar berhasil. Sebab habituas akan mempengaruhi persepsi, sikap dan tindakan manusia bila dilakukan dalam waktu terentu akan mengkristal menjadi akhak yang mulia. langkah-langkah nya dapat dilakukan melalui pembiasaan, pembelajaran didalam dan diluar kelas, keteladan, konsistensi dan keberlanjutan sertalingkungan yang kondusif. Faktor pendukung dan penghambat setiap program pasti ada, tinggal bagaimana menyikapi dan menakhlukkan penghambatnya dan memaksimalkan faktor pendukungnya. Temuan penelitian ini merekomendasikan bahwa pendekatan habitus penting dikampanyekan sehingga popular dan dilaksanakan secara massif dalam pembentukan akhlak, karakter terpuji yang bersumber dari agama, falsafah Negara dan norma social masyarakat yang baik.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Habitus; Akhlak Terpuji; Siswa; Pesantren |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
| Depositing User: | Yani Yani |
| Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:22 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 02:17 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
