IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRI PONOROGO



Hadhiqi, Sandi Ibe'nu (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRI PONOROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of surat persetujuan unggah karya.pdf] Text
surat persetujuan unggah karya.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (883kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Bagian Akhir.pdf] Text
Bagian Akhir.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of SKRIPSI SANDI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI SANDI FULL TEXT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia, pendidikan agama Islam memiliki peran sentral dalam
membentuk karakter dan etika masyarakat. Pondok Pesantren, sebagai lembaga
pendidikan Islam tradisional telah lama berperan dalam mencetak generasi yang
berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, dan berintegritas tinggi. Salah satu pondok
pesantren yang telah lama berdedikasi dalam mengimplementasikan nilai-nilai
pendidikan agama Islam adalah Pondok Pesantren Al-Iman Ponorogo. Pesantren ini
tidak hanya mengajarkan ilmu keagamaan namun juga membentuk karakter
wirausaha yang kuat agar santri lebih mandiri dalam proses pendewasaannya.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan
kualitatif yaitu mengumpulkan data melalui wawancara kepada sekertaris
pimpinan, dan jajaran pengurus termasuk santri, pengamatan langsung terhadap
kegiatan produksi kewirausahaan serta cara implementasinya, dan dokumentasi
berbentuk gambar dan dokumen terkait fokus penelitian. Metode analisis data
dalam penelitian ini sesuai dengan langkah-langkah dari Miles dan Huberman,
meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk mencari
hasil yang terbaik.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) implementasi
Pendidikan kewirausahaan dalam meningkatkan karakter kemandirian santri terdiri
dari (a) teori yaitu pemberian materi secara mendalam sebagai dasar santri
berwirausaha dan tata Kelola usaha yang baik. Adapun kegiatannya berupa kegiatan
rihlah atau study banding, pelatihan dari pembimbing bagian, seminar
kewiraushaan (b) praktek yaitu pengaplikasian langsung materi yang telah didapat
dengan sarana yang disediakan untuk menunjang kemandirian santri melalui
wirausaha, Adapun beberapa kegiatannya adalah kegiatan produksi roti,
pengemasan produk serta distribusi oleh para santri sehingga mereka bisa
merasakan kemandirian wirausaha dengan arahan pihak pondok dan (2) beberapa
kendala yang dihadapi oleh pihak pesantren dalam implementasi pendidikan
kewirausahaan ini adalah (a) rasa malas santri dalam menjalankan kewajiban yang
sudah diberikan serta karakter santri yang berasal dari berbagai latar belakang,
namun hal ini dapat diminimalisir oleh staff pengasuhan santri dengan pendekatan
pada santri (b) pendistribusian dan jalinan Kerjasama untuk memperluas jangkauan
wirausaha yang dimiliki pondok, hal ini terhalang oleh kebijakan pihak pondok
namun terus diupayakan dan dikaji ulang agar santri dapat memperluas wawasan
kemandirian dalam berwirausaha.
In Indonesia, Islamic education plays a central role in shaping the character
and ethics of society. Islamic boarding schools, as traditional Islamic educational
institutions, have long played a role in producing generations with noble character,
high moral values, and integrity. One Islamic boarding school that has long been
dedicated to implementing the values of Islamic education is the Al-Iman Islamic
Boarding School in Ponorogo. This boarding school not only teaches religious
knowledge but also cultivates a strong entrepreneurial spirit to help students
become more independent in their journey toward maturity.
This study uses a case study method with a qualitative approach, which
involves collecting data through interviews with the leadership secretary and
management, including students, direct observation of entrepreneurial production
activities and their implementation, and documentation in the form of images and
documents related to the focus of the study. The data analysis method in this study
follows the steps outlined by Miles and Huberman, including data reduction, data
presentation, and drawing conclusions to find the best results.
The results of this study are as follows: (1) The implementation of
entrepreneurship education in improving the independence of santri consists of (a)
theory, namely the provision of in-depth material as a basis for santri
entrepreneurship and good business management. The activities include field trips
or study visits, training from mentors, and entrepreneurship seminars. (b) Practice,
which involves the direct application of the material learned using the facilities
provided to support the independence of students through entrepreneurship. Some
of the activities include bread production, product packaging, and distribution by
the students, enabling them to experience entrepreneurial independence under the
guidance of the boarding school. (2) Some challenges faced by the boarding school
in implementing this entrepreneurship education program include (a) students'
reluctance to fulfill their assigned responsibilities and the diverse backgrounds of
the students, but this can be minimized by the boarding school staff through an
approach focused on the students, (b) distribution and collaboration to expand the
scope of the boarding school's entrepreneurship activities, which is hindered by the
boarding school's policies but continues to be pursued and reviewed to enable
students to broaden their understanding of entrepreneurial independence.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Karakter Mandiri, Pendidikan Agama Islam Entrepreneurship Education, Islamic Boarding School, Santri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Sandi Ibe'nu Hadhiqi
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:37
Last Modified: 28 Oct 2025 03:37
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18541

Actions (login required)

View Item View Item