SISTEM PROTEKSI DUA LAPIS PADA KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN KUNCI WIRELESS BERBASIS MIKROKONTROLER AT-MEGA 16



HERMAWAN, DIDIK (2016) SISTEM PROTEKSI DUA LAPIS PADA KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN KUNCI WIRELESS BERBASIS MIKROKONTROLER AT-MEGA 16. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[thumbnail of 02 BAB I.pdf]
Preview
Text
02 BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 03 BAB II.pdf] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[thumbnail of 04 BAB III.pdf] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[thumbnail of 05 BAB IV.pdf] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 06 BAB V.pdf] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[thumbnail of 07 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 08 LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08 LAMPIRAN.pdf

Download (284kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Meningkatnya tindak kriminalitas pencurian sepeda motor sekarang ini,
tidaklah mengherankan apabila semakin hari masyarakat menginginkan suatu
sistem keamanan sepeda motor yang modern. Pemilik kendaraan bermotor hanya
menggunakan gembok sebagai kunci ganda untuk mengantisipasi pencurian.
Penggunaan kunci gembok sekarang sudah tidak aman karena pencuri bisa
membuat kunci duplikat, seringkali pencuri juga menggunakan gergaji dan las
tabung untuk membuka gembok. salah satu antisipasi terjadinya pencurian sepeda
motor dapat diminimalisir dengan penggunaan sistem proteksi dua lapis pada
kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem proteksi
dua lapis pada kendaraan bermotor berbasis mikrokontroler ATmega16 melalui
wireless sebagai pengirim data password yang mudah di bawa dan efektif untuk
mencegah pencurian sepedah motor. sistem proteksi yang bisa digunakan adalah
kunci wireless karena lebih praktis menggunakan gelombang radio tanpa
menggunakan kabel. Alat ini dirancang menggunakan wireless RF 433 sebagai
pengirim data password, relay sebagai penyambung dan pemutus jalur tegangan
sistem starter motor, lcd sebagai monitor data, mikrokontroler ATmega16 sebagai
pusat pengendali program, serta menggunakan bahasa pemrograman codevision
AVR. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem proteksi dua lapis
pada kendaraan bermotor ini bekerja dengan baik, terbukti dari ketika sistem
membaca password pada memory SRAM dan password di dalam memory
EEPROM nilainya sama maka relay NC (normaly Close) jalur sistem stater
terhubung. Ketika sistem membaca Password pada memory SRAM dan password
di dalam memory EEPROM nilainya berbeda maka relay NO (normaly Open)
jalur sistem stater terputus dan buzzer berbunyi.
Kata Kunci : kendali, mikrokontroller, wireless, lcd, relay, kunci konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 08 Apr 2016 02:16
Last Modified: 08 Apr 2016 02:16
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item