PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIX-PAIR-SHARE DENGAN PROGRAM GEOMETERÂ’S SKETCHPAD PADA SISWA KELAS VIII-B MTs AS SALAM SOOKO TAHUN PELAJARAN 2011/2012



Munawarah, Zian (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIX-PAIR-SHARE DENGAN PROGRAM GEOMETERÂ’S SKETCHPAD PADA SISWA KELAS VIII-B MTs AS SALAM SOOKO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of jkptumpo-gdl-zianmunawa-162-1-abstrak-i.pdf]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-zianmunawa-162-1-abstrak-i.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terfokus pada hasil belajar matematika siswa MTs As

Salam Sooko yang masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan inovasi

pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Mix-Pair-

Share (MPS) berbantuan program GeometerÂ’s Sketchpad (GSP). Model ini dipilih

karena sesuai permasalahan pembelajaran matematika di MTs As Salam Sooko

yang pada umumnya masih didominasi oleh guru, dan pembelajaran geometri

biasanya hanya di kelas dengan papan tulis dan alat peraga sederhana. Penerapan

model pembelajaran ini dapat memotivasi siswa khususnya dalam kemampuan

komunikasi, kemampuan berpikir, membantu siswa dalam mempelajari materi

tentang prosedur/langkah-langkah, serta membantu siswa dalam memahami

materi geometri dengan mudah sehingga hasil belajar dapat meningkat. Adapun

tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model

pembelajaran MPS dengan program GSP, serta mengetahui respon siswa

terhadap model pembelajaran tersebut. Subjek pada penelitian ini adalah kelas

VIII-B MTs As Salam Sooko.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan

desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan McTaggart.

Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan instrumen non tes, yaitu:

angket.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa

antara siklus I dengan siklus II sebesar 0,8 atau 10,77% dan peningkatan

ketuntasan klasikal sebesar 21,74 atau 35,72%, serta respon siswa terhadap model

pembelajaran MPS dengan program GSP termasuk dalam kategori positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2016 06:26
Last Modified: 09 Sep 2016 06:26
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item