PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIX-PAIR-SHARE DENGAN PROGRAM GEOMETERÂ’S SKETCHPAD PADA SISWA KELAS VIII-B MTs AS SALAM SOOKO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Munawarah, Zian (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIX-PAIR-SHARE DENGAN PROGRAM GEOMETERÂ’S SKETCHPAD PADA SISWA KELAS VIII-B MTs AS SALAM SOOKO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
jkptumpo-gdl-zianmunawa-162-1-abstrak-i.pdf Download (495kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terfokus pada hasil belajar matematika siswa MTs As
Salam Sooko yang masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan inovasi
pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Mix-Pair-
Share (MPS) berbantuan program GeometerÂ’s Sketchpad (GSP). Model ini dipilih
karena sesuai permasalahan pembelajaran matematika di MTs As Salam Sooko
yang pada umumnya masih didominasi oleh guru, dan pembelajaran geometri
biasanya hanya di kelas dengan papan tulis dan alat peraga sederhana. Penerapan
model pembelajaran ini dapat memotivasi siswa khususnya dalam kemampuan
komunikasi, kemampuan berpikir, membantu siswa dalam mempelajari materi
tentang prosedur/langkah-langkah, serta membantu siswa dalam memahami
materi geometri dengan mudah sehingga hasil belajar dapat meningkat. Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model
pembelajaran MPS dengan program GSP, serta mengetahui respon siswa
terhadap model pembelajaran tersebut. Subjek pada penelitian ini adalah kelas
VIII-B MTs As Salam Sooko.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan McTaggart.
Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan instrumen non tes, yaitu:
angket.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa
antara siklus I dengan siklus II sebesar 0,8 atau 10,77% dan peningkatan
ketuntasan klasikal sebesar 21,74 atau 35,72%, serta respon siswa terhadap model
pembelajaran MPS dengan program GSP termasuk dalam kategori positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 06:26 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 06:26 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |