PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Ulfa, Zahria (2013) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text
jkptumpo-gdl-zahriaulfa-161-1-abstrak-1.pdf Restricted to Registered users only Download (984kB) |
Abstract
Pada proses pembelajaran matematika di sekolah tidak lepas dari masalah-masalah yang terdapat di dalamnya. Hal ini dapat dilihat dari pembelajaran masih mengarah pada satu arah saja yang menyebabkan keaktifan siswa cenderung kurang. Maka dari itu perlu adanya cara untuk membuat siswa termotivasi untuk giat belajar dengan membuat ringkasan yang menjadikan siswa tertarik untuk belajar dan bisa mendapatkan nilai yang diharapkan. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maka diperlukan motivasi yang kuat dari dalam diri siswa sendiri maupun dari luar diri siswa tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif pembelajaran agar siswa merasa senang dengan pembelajaran matematika. Salah satu alternatif untuk membuat pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan adalah pembelajaran bertahap metode Mind Mapping yang dapat meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi pelajaran dan dapat membuat aktivitas belajar siswa lebih menarik.
Berdasarkan pertimbangan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; Adakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Ponorogo dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Mind Mapping? Bagaimana kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran matematika dengan metode Mind Mapping pada siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012? Apakah pembelajaran matematika menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research). Penelitian tindakan kelas dan eksperimen ini dilaksanakan di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo yang subyek penelitiannya 29 siswa. Tujuan utama dari penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengelolaan guru melalui pembelajaran dengan metode Mind Mapping kelas X MA Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. Sedangkan tujuan penelitian eksperimen adalah untuk mengetahui apakah melalui pembelajaran dengan metode Mind Mapping prestasi belajar matematika akan lebih baik dari sebelumnya.
xviii
Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. yang terdiri ; Perencanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan motivasi siswa dalam pembelajaran secara keseluruhan,pada siklus I motivasi belajar siswa mendapatkan kriteria “Cukup” dengan presentasi keberhasilan 61,7 %, sedangkan pada siklus II berkriteria “Baik” dengan presentasi keberhasilan 78,1 % ini menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Ponorogo dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Mind Mapping. Hasil pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran dari dua siklus mendapat predikat ”Baik” dengan rata-rata tingkat kemampuan guru pada siklus I = 3,57 dan siklus II = 4,125. Berdasarkan tes hasil belajar, ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 72,41% dan pada siklus II mencapai 89,66. Hal ini membuktikan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 01:37 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 01:39 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |