UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING SISWA MI KARANGPATIHAN PULUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012



SUPENO, S (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING SISWA MI KARANGPATIHAN PULUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of jkptumpo-gdl-supeno-151-1-abstrak-i.pdf]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-supeno-151-1-abstrak-i.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Untuk mewujudkan suatu tujuan pembelajaran yang maksimal peran guru

sangatlah penting, guru hendaknya dapat memberikan pembelajaran yang kreatif,

inovatif serta dapat melibatkan siswa aktif dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan

karena hasil belajar matematika siswa kelas III MI Karangpatihan Pulung Ponorogo

masih rendah, rendahnya hasil belajar tersebut karena kegiatan pembelajaran hanya

berpusat pada guru, sehingga sebagian besar siswa menjadi pasif dan tidak terlibat

aktif, juga banyak siswa yang takut atau malu bertanya pada gurunya ketika

mengalami kesulitan belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya

dilakukan dalam dua siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan,

yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek

dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Karangpatihan Pulung Ponorogo tahun

pelajaran 2011/2012 sebanyak 13 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 5

siswa perempuan.

Pengumpulan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes belajar, data

tentang aktivitas siswa diperoleh dari observasi, dan data respon siswa diperoleh dari

angket yang diberikan pada setiap siswa lalu dikumpulkan. Kemudian semua data

yang terkumpul dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan

metode penemuan terbimbing pada siswa kelas III MI Karangpatihan Pulung

Ponorogo tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu

pada siklus I rata-rata yang diperoleh 65,69, pada siklus II adalah 76,15. Ketuntasan

klasikal pada siklus I adalah 84,61 % kemudian naik pada siklus II adalah 92,30%.

Keaktifan siswa dalm pembelajaran melalui penerapan metode penemuan terbimbing

dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, respon positif terhadap penerapan

metode penemuan terbimbing dalam kategori tinggi dan sangat tinggi yaitu pada

siklus I respon yang positif adalah 76,92% kemudian pada siklus II adalah 86,15%

Disarankan untuk peneliti selanjutnya dapat memperbanyak sampel

penelitian, memperluas ruang lingkup penelitian yang lebih mewakili sampel dan

sebaiknya menggunakan instrumen yang sesuai untuk umur dan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:14
Last Modified: 18 Aug 2020 01:42
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item