PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E MTs NEGERI KECAMATAN JETIS TAHUN PELAJARAN 2011/2012



JAMILA, FITRI (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E MTs NEGERI KECAMATAN JETIS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of jkptumpo-gdl-fitrijamil-141-1-abstrak-i.pdf]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-fitrijamil-141-1-abstrak-i.pdf

Download (941kB) | Preview

Abstract

matematika siswa masih rendah, hal ini terlihat dari pada proses pembelajaran

matematika siswa kurang aktif bertanya ataupun mengemukakan pendapatnya.

Padahal aktivitas tersebut mutlak diperlukan untuk mencapai keberhasilan proses

belajar mengajar. Karena pentingnya aktivitas siswa dalam proses belajar

mengajar maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan

siswa. Pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan

pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan, baik secara mental, sikap dan

sosal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar

siswa, respon ketertarikan siswa, pengelolaan pembelajaran guru dan prestasi

belajar terhadap pembelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran

kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) Siswa Kelas VIII E MTs Negeri

Jetis tahun pelajaran 2011/2012.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian

dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan,

pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa

kelas VIII E MTs Negeri Jetis yang berjumlah 38 siswa. Sumber data berasal dari

guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket dan

tes. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Prosedur

penelitian terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran

kooperatif teknik Two Stay Two Stray dapat meningkatkan 1). Aktivitas belajar

siswa, karena setiap siklusnya terdapat lebih dari atau sama dengan 4 aspek

aktivitas siswa yang mendapat kategori efektif dalam pembelajaran matematika.

2). Respon ketertarikan siswa yang ditunjukkan dengan respon siswa mencapai

92,54% dengan predikat “tertarik” terhadap pembelajaran matematika. 3).

Pengelolaan kemampuan guru yang dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I

mencapai 3,75 sedang siklus II mencapai nilai 4,06, berdasarkan tabel 3.4

pengelolaan kemampuan guru pada siklus I dan siklus II dalam kategori baik. 4).

Prestasi belajar Matematika yang dilihat dari adanya kenaikan rata-rata hasil

belajar dengan peningkatan sebesar 6,21 atau persentase ketuntasan hasil belajar

dari siklus sebelumnya dengan peningkatan sebesar 10,53%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:36
Last Modified: 27 Sep 2016 07:36
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item View Item