MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK BAHASAN THAHARAH MATERI WUDLU MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS 1 SDN KEMUNING III TEGALOMBO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016



DWI ERNAWATI, TITIK (2016) MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK BAHASAN THAHARAH MATERI WUDLU MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS 1 SDN KEMUNING III TEGALOMBO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (605kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

PembelajaranPendidikan Agama Islambertujuanuntukmembekalipesertadidik
agar dapat mengetahui dan memahami pokok-pokokajaran Islam secara terperinci dan
menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan dalil aqli melaksanakan dan mengamalkan
ketentuan hukum Islam dengan benar. Pembelajaran Agama Islam memerlukan suatu
model pembelajaran yang mampumenciptakansuasana yang menarik dan
meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satuupaya yang dapat dilakukan adalah
dengan memilih model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa
untuk berkembang sesuai dengan keinginan dan kemampuan siswa salah satunya
dengan memeberikan model pembelajaran Picture and Picture. Metode Picture and
Picture adalah salah satu tipe atau pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan,
melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran
siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsure permainan dan reinforcement.
Adapuntujuan yang ingin diketahui dalam permasalahan ini adalahuntuk: (1).
Menerapan metode picture and picture pada materi wudlu kelas 1 SD Negeri
Kemuning III. (2) Mengetahui apakah dengan menggunakan metode picture and
picture ini dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa 1 SD
Negeri Kemuning III.(3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan
metode picture and picture pada materi wudlu pada kelas 1 SD Negeri Kemuning III.
Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu
metode observasi, tes dan dokumentasi. Sedang dalam pengolahan data penulis
menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil pembahasan bahwa penerapan metode picture and picture dapat
meningkatkan hasil belajar materi wudhu siswa kelas 1 SDN Kemuning 3 Tegalombo
Pacitan Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil ketuntasan belajar siswa selama dalam
pembelajaran menunjukkan bahwa adanya peningkatan siswa yang tuntas dalam
belajarnya. Pada pra siklus ada 4 siswa/25% yang mencapai kriteria ketuntasan
minimal, pada siklus I yang mencapai kriteria ketuntasan minimal meningkat mejadi8
siswa/50%, dan pada siklus II meningkat sebanyak 16 siswa/100%. Dengan
penerapan metode picture and pictureini semua siswa dinyatakan sudah tuntas dalam
belajarnya.Dan hasil belajar siswa sebelum menggunakan metodepicture and picture
mendapat nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Oct 2016 05:36
Last Modified: 14 Oct 2016 05:36
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2418

Actions (login required)

View Item View Item