PROGRAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS METODE PEMBIASAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO
WARIANTO, WARIANTO (2016) PROGRAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS METODE PEMBIASAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (321kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (377kB) | Preview |
Abstract
Upaya atau bentuk pendidikan yang ditanamkan kepada peserta didik
adalah dengan membangun peserta didik yang cerdas dan berkarakter.
Pengembangan karakter sementara ini umumnya direalisasikan dalam pelajaran
agama atau pelajaran lainnya, yang program utamanya cenderung pada
pengenalan nilai-nilai secara kognitif, dan mendalam sampai ke penghayatan nilai
secara afektif. Pengembangan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui
metode pembiasaan. Metode pembiasaan adalah cara yang digunakan oleh
pendidik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran, dengan melakukan
suatu perbuatan atau keterampilan tertentu secara terus-menerus dan
konsisten untuk waktu yang cukup lama, sehingga perbuatan atau
keterampilan itu benar-benar dikuasai dan akhirnya menjadi suatu kebiasaan
yang sulit ditinggalkan, dalam hal ini yaitu pendidikan karakter. Karakter tidak
bisa dibentuk dan dibangun dalam waktu yang singkat. Membangun karakter anak
membutuhkan waktu yang lama dan harus dilakukan secara berkesinambungan.
Upaya yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter anak diantaranya adalah
dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan terutama dalam hal keagamaan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan pengembangan pendidikan karakter peserta didik, bagaimana hasil
program pengembangan pendidikan karakter peserta didik dan apa yang menjadi
kendala dalam program pengembangan pendidikan karakter peserta didik.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian
dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
sumber datanya diperoleh dari orang, tempat, dan kertas/dokumen.
Adapun hasil yang dapat disimpulkan adalah: 1). Pelaksanaan
pengembangan karakter peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha,
pembiasaan bersalaman dengan Bapak Ibu guru, pembiasaan menghafal Asmaul
Husna, sholat dhuhur berjama’ah, baca Alqur’an dengan metode Ummi, hafalan
surat-surat pendek dan jum’at beramal. 2). Hasil dari program pembiasaan adalah
membentuk karakter mereka menjadi rajin, disiplin, berperilaku positif, sopan
santun terhadap Bapak dan Ibu guru juga melatih anak untuk memiliki jiwa sosial.
3). faktor yang menjadi kendala program pembiasaan adalah terbatasnya tempat
berwudlu, sarana dan prasarana yang masih kurang, kekurangan jumlah guru
pembina dalam kegiatan pembiasaan, terbatasnya jumlah guru yang bersertifikasi
Ummi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 05:50 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 05:50 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |