IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN METODE WAFA DI GRIYA AL QUR’AN AL FURQON KABUPATEN PONOROGO
NIRWANA, LILIK (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN METODE WAFA DI GRIYA AL QUR’AN AL FURQON KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
2. BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
Preview |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) | Preview |
Preview |
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (984kB) | Preview |
Abstract
Keyword : Pembelajaran Al Qur’an, Metode Wafa.
Al Qur’an adalah kitab suci ummat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad
SAW, melalui malaikat Jibril ditulis dalam mushaf dan diriwayatkan secara mutawatir. Kitab
Al Qur’an berfungsi sebagai pemberi petunjuk, pedoman hidup bagi setiap muslim. Tidak
sekedar itu Al Qur’an juga memuat tentang hubungan antara manusia dengan Allah SWT dan
antara manusia dengan sesama. Mengingat pentinganya peranan Al Qur’an maka Al Qur’an
harus kita ajarkan pada anak mulai dari usia dini. Pada saat ini banyak metode membaca Al
Qur’an yang berkembang di masyarakat. Namun dari semua metode yang ada rata-rata masih
bersifat monoton. Berdasarkan latar belakang ini maka peneliti tertarik untuk mengadakan
penelitian tentang Implementasi Pembelajaran Al Qur’an Metode Wafa di Griya Al Qur’an
Al Furqon Kabupaten Ponorogo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi, hasil dan
kendala pembelajaran Al Qur’an metode Wafa di Griya Al Qur’an Al Furqon Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu proses penelitian yang
menghasilkan data diskriptif yang berupa ucapan, tulisan dan perilaku yang dapat diamati
dari subyek itu sendiri. Dalam penggalian datanya, peneliti menggunakan teknik wawancara
(interview), observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah pebelajaran Al Qur’an metode Wafa di Griya Al Qur’an
Al Furqon Ponorogo belum maksimal artinya belum sesuai dengan konsep Quantum
Teaching yang disebut TANDUR. Namun tetap ada suasana keceriaan yang membuat santri
selalu bersemangat dalam belajar, sehingga terjadi percepatan dalam pembelajaran. Dengan
percepatan pembelajaran ini maka tujuan pembelajaran dapat tercapai, yaitu santri mampu
menghafal khususnya juz 30 dan 29, mampu membaca huruf Arab dengan baik dan lancar,
mampu menulis huruf Arab sesuai kaidah khat naskhi, dan gemar membaca Al Qur’an.
Kendala yang dihadapi dari pembelajaran metode Wafa ini adalah tidak tercapainya tujuan
atau target pembelajaran bagi santri yang jarang masuk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 06:01 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 06:01 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |