MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS VII M.Ts. AL MADANI GROGOL SAWOO KABUPATEN PONOROGO
HUDA, NURIL (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS VII M.Ts. AL MADANI GROGOL SAWOO KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
halaman depan.pdf Download (296kB) | Preview |
Preview |
Text
Bab I.pdf Download (29kB) | Preview |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (17kB) | Preview |
Preview |
Text
lampiran.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
trategi The Power of Two merupakan salah satu pendekatan
pembelajaran kooperatif yang memperkuat hubungan antara anggota kelompok.
Strategi pembelajaran ini membantu siswa yang rumahnya terpencar dan terpencil
dapat meningkatkan kemampuan dalam penguasaan pembelajaran Al-Qur’an
dengan pertolongan salah satu temannya.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
dan peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa
kelas VII M.Ts Al Madani Grogol Sawoo Kabupaten Ponorogo dengan
menggunakan strategi belajar The Power of Two.
Metode Penelitian yang digunakan penulis yaitu Penelitian Tindakan
Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas merupakan
jembatan untuk mengatasi berbagai masalah kekurangan penelitian di bidang
pendidikan pada umumnya.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Ada peningkatan
perhatian dan minat belajar Al-Qur’an Hadits melalui penerapan strategi belajar
The Power of Two pada siswa Kelas VII M.Ts Al Madani Grogol, Sawo,
Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016. Penerapan strategi belajar The
Power of Two dapat menumbuhkan perhatian dan minat siswa dalam proses
pembelajaran. Aktivitas siswa yang disertai dengan perhatian intensif akan lebih
sukses dan berprestasi. Minat siswa terhadap pelajaran juga banyak pengaruhnya
terhadap keberhasilan belajarnya. 2) Penggunaan strategi belajar The Power of
Two terbukti dapat meningkatkan penguasaan materi tajwid mata pelajaran AlQur’an Hadits materi pokok Idzhar Halqi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Kelas VII M.Ts Al Madani Grogol, Sawo, Kabupaten Ponorogo Tahun
2015/2016. Penggunaan strategi belajar The Power of Two dalam pembelajaran
mendorong minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Siswa akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan bagi guru akan lebih
mudah dalam mengajar. Pada pra siklus yang menggunakan metode ceramah,
ketuntasan belajarnya belum begitu baik yaitu 47,06%. Adapun pada siklus I dan
II yang menggunakan strategi belajar The Power of Two, menunjukkan
peningkatan yang lebih baik yaitu 58,62% pada siklus I dan 94,12% pada siklus
II. Peningkatan ini juga didukung oleh nilai rerata yang naik dari 56,50 pada pra
siklus dan menjadi 71,29 pada siklus II atau ada peningkatan nilai rata-rata
sebesar 14,79 poin.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits, The Power of Two
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 06:06 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 06:06 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |