POLA INTERAKSI EDUKATIF ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO



DAROINI, DAROINI (2016) POLA INTERAKSI EDUKATIF ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[thumbnail of SAMPUL SKRIPSI, PENGESAHAN, PRESETUJUAN s-d DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
SAMPUL SKRIPSI, PENGESAHAN, PRESETUJUAN s-d DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pola Interaksi Edukatif, Peran Guru, Proses Pembelajaran
Penelitian ini adalah berlatar belakang proses pelaksanaan pembelajaran, tentu
akan di temukan berbagai kendala yang dapat menghambat keberhasilan proses
pembelajaran dalam pendidikan tersebut. Kendala itu bisa dari luar maupun dalam,
sebagai contoh dalam proses pembelajaran yang sederhana, interaksi yang terbina antara
guru dan peserta didik atau siswa di dalam kelas pada saat proses pembelajaran, biasanya
ada beberapa kesalapahaman dalam komunikasi sehingga informasi yang diterima siswa
dari guru disaat menjelaskan kurang jelas sehingga tidak sesuai seperti yang di harapkan
siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada dasarnya dalam proses pembelajaran gurulah
yang menentukan dan menyediakan bahan ajar, metode, strategi, dan media pembelajaran
yang akan di gunakan untuk mengajar dan siswa hanya menerima pelayanan dari guru
saat proses pembelajaran berlangsung. Maka berangkat dari kejadian diatas, munculah
sebuah asumsi bahwa agar proses pendidikan berjalan dengan baik maka perlu diciptakan
sebuah pola interaksi edukatif antra guru dan siswa yang baik.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pola
interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan untuk
mengetahui bagaimana mekanisme implementasi pola interaksi edukatif dalam proses
pembelajaran di MI Pondok Pesantren Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI
Ponpes Darul Fikri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, redaksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
mengadakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pola interaksi edukatif dalam proses
pembelajaran di MI Ponpes Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo meliputi tiga pola
yang digambarkan pada pola segitiga, yang mana pada setiap bagian pola tersebut
mempunyai keterkaitan satu sama lain dan bagian-bagian dalam pola tersebut yaitu
terdapat guru, siswa, dan obyek belajar. Tiga pola interaksi edukatif tersebut, yaitu pola
interaksi edukatif guru dengan siswa, guru dengan obyek belajar, dan siswa dengan obyek
belajar. Pola interaksi edukatif ini di munculkan saat kegiatan perencanaan pelaksanaan
pembelajaran, dan evaluasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 15 Oct 2016 03:20
Last Modified: 15 Oct 2016 03:20
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2447

Actions (login required)

View Item View Item