PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI PM. AR-RISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN 2016



PRASETYO WATONI, ARIZAL (2016) PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI PM. AR-RISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (819kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci: reward, punishment, motivasi belajar
Format pendidikan yang menjadi pilihan Pondok Modern Ar-Risalah adalah pendidikan berasrama. Karena, dalam pendidikan berasrama bisa tercipta tiga pusat pendidikan yang terpadu dan dapat dikontrol dengan maksimal. Ketiga pusat pendidikan itu adalah pendidikan rumah, pendidikan sekolah dan pendidikan masyarakat. Pesantren bukan hanya mengasah kecerdasan otak dan ketrampilan tangan, tetapi juga kekuatan mental dan kecerdasan spiritual.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui penerapan (Reward dan Punishment) dalam pembelajaran PAI di Pondok Modern Ar-Risalah Slahung, Ponorogo. (2) Untuk mengetahui dampak penerapan (Reward dan Punishment) dalam pembelajaran PAI terhadap motivasi belajar santri di Pondok Modern Ar-Risalah Slahung, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau gambar. Data yang berasal dari naskah, wawancara, catatan lapangan, dokumen dan sebagainya kemudian dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu dengan cara mendeskripsikan data yang dikumpulkan dari naskah, wawancara, catatan lapangan, dokumen dan sebagainya kemudian dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas di Pondok Modern Ar-Risalah SlahungPonorogo.
Dari hasil temuan penelitian ini, bahwa penerapan reward and punishment dalam pembelajaran PAI peserta didik MTs Ar-Risalah Slahung Ponorogo harus sesuai dengan peraturan yang sudah disepakati. Dalam memberikan reward and punishment pendidik diharapkan melakukannya dengan adil, tidak membedakan status/ golongan, dan tidak ada unsur balas dendam yang dapat menyakiti peserta didik. Setiap pendidik berhak memberikan reward and punishment dengan carater sendiri, yang penting masih dalam hal yang wajar dan harus ada unsur mendidik yang dapat menjadikan santri termotivasi untuk menjadi lebih baik. Reward and punishment ini diterapkan dengan tujuan menjadikan peserta didik terarah padahal kebaikan, sehingga metode ini bisa digunakan sebagai alat pendidikan yang efektif yang dapat membawa perubahan pada peserta didik untuk menjadi lebih baik. Bahwa dengan reward & punishment dapat membawa dampak yang positif pada peserta didik. Karena mereka bisa menjadi lebih baik, baik dalam pelajaran maupun kegiatan yang lain yang dapat memupuk akhlak mereka untuk mengarah pada akhlak yang terpuji

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 17 Oct 2016 02:26
Last Modified: 17 Oct 2016 02:26
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2450

Actions (login required)

View Item View Item