MODEL PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 3 SAMBIT PONOROGO
LUVIKA RAHAYU NINGSIH, APRILIA (2016) MODEL PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 3 SAMBIT PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (14MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Model Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, Dampak Pengamalan
Ibadah Siswa
Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam membuat guru PAI merasa
kebingungan menghadapi situasi yang terjadi dilapangan. Apalagi pendidikan
tersebut cenderung kurang diminati oleh siswa. Sebagai pendidik tentu memiliki
inovasi untuk meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam. Inovasi setiap guru
berbeda-beda dan inovasi tidak akan berjalan mulus begitu saja. Karena untuk
mengatasi hal tersebut diperlukan sosialisasi inovasi terhadap guru. Sebagai guru PAI
dituntut sesuai dengan program yang berlaku, di sini guru harus memiliki landasan
pijak yang kokoh. Sehingga tidak mudah terpengaruh oleh situasi yang terjadi
disekitar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam model
pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan mencari dampak terhadap pengamalan
ibadah siswa di SMPN 3 Sambit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif dengan
objek ibadah praktis siswa. Berdasarkan jenis data yang diperlukan, maka teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpaduan antara
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah 1) Model Pelaksanaan Pendidikan
Agama Islam yang digunakan di SMPN 3 Sambit ini menyesuaikan dengan kondisi
materi dan siswa. Yang mana guru tidak hanya berpaku pada satu metode tapi
bervariasi. Di SMPN 3 Sambit berbeda dari sekolah lain, karena guru di sekolah
menciptakan inovasi baru yang menjadi ciri khas dari sekolah. Pelaksanaan memang
belum sepenuhnya berjalan mulus tapi dalam membangun inovasi yang baru guru
menciptakan upaya untuk mengatasi masalah yang terjadi. 2) Dampak yang
ditimbulkan dari pelaksanaan Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan ibadah
siswa adalah melalui pembiasaan, kegiatan ekstra agama ataupun program sekolah
siswa mampu menunjukkan perubahan menjadi lebih baik. Hanya saja ada
kekurangan pada kerjasama guru dan orangtua yang berdampak pada kualitas ibadah
siswa dirumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 02:40 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 02:40 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |