UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NURUL HUDA GROGOL SAWOO PONOROGO



RODIYATIN, ALFI (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NURUL HUDA GROGOL SAWOO PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. Bab I.pdf]
Preview
Text
2. Bab I.pdf

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 3. Bab II.pdf] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[thumbnail of 4. Bab III.pdf] Text
4. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[thumbnail of 5. Bab IV.pdf] Text
5. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 6. Bab V.pdf] Text
6. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[thumbnail of 7. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

MI Nurul Huda adalah sekolah yang berbasis agama bisa dikatakan modern
diwilayah kecamatan Sawoo. Selain dari Visi dan Misi serta sudah banyak
prestasi yang diperoleh terutama dalam bidang agama. MI Nurul Huda bekerja
keras dalam langkahnya dan senantiasa melakukan peningkatan mutu menuju
suatu lembaga pendidikan yang professional. Hal yang selalu dilakukan adalah
menumbuhkan gairah belajar siswa, memberi motivasi dalam hal kewajiban
sebagai seorang muslim.
Dalam hal ini tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui
upaya guru dalam meningkatkan minat belajar PAI di MI Nurul Huda Grogol
Sawoo Ponorogo. Dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dalam meningkatkan minat belajar PAI di MI Nurul Huda Grogol Sawoo
Ponorogo
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni
berupa kata-kata, gambaran dan bukan angka-angka. Sumber data sekaligus
informan adalah kepala sekolah, guru PAI serta pihak pihak yang terkait dalam
penelitian ini bila diperlukan.
Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar terhadap pelajaran PAI yaitu
sebagai berikut: (1) Menggunakan metode pembelajaran dan strategi belajar mengajar
yang tepat. Memperbanyak alat peraga atau semakin menvariasi alat peraga yang ada di
sekolahan. Memberikan kesempatan bertanya kepada semua peserta didik agar
siswa bisa lebih paham tentang pelajaran PAI. Mengembangkan kreatifitas peserta
didik seperti diskusi, maupun penugasan-penugasan dalam bentuk kelompok.
Mengajak siswa aktif pada kegiatan-kegiatan yang ada hubungannya dengan pelajaran
PAI yang ada di masyarakat langsung. (2) Faktor pendukung yaitu: adanya kegiatankegiatan
yang menunjang pembelajaran PAI seperti program pembiasaan berupa
sholat dhuha dan dzuhur berjamaah setiap hari, di mana semua guru dilibatkan.
Sedangakan faktor Penghambat yaitu: Kurangnya jumlah tenaga pendidik, sarana
dan prasarana yang masih terbatas.
Kata Kunci: Upaya Guru, Minat belajar, Pelajaran PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 17 Oct 2016 03:03
Last Modified: 17 Oct 2016 03:03
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2457

Actions (login required)

View Item View Item