MODEL INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN SENI REYOG PONOROGO (Studi Kasus di SMAN 2 Ponorogo)



LESTARI, PUTRI (2016) MODEL INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN SENI REYOG PONOROGO (Studi Kasus di SMAN 2 Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Model Integrasi, Nilai-nilai Pendidikan Islam, Pembelajaran,
Seni Reyog Ponorogo
Seni Reyog Ponorogo merupakan seni budaya yang di dalamnya sarat
dengan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam instrumen seni maupun
ragam tarinya bahkan memiliki hubungan yang cukup kuat dengan nilai-nilai
pendidikan Islam. Berdasarkan fakta inilah muncul keinginan yang kuat dari
masyarakat, terutama dari kalangan sekolah untuk menggali nilai dan makna
seni Reyog Ponorogo dari sudut pandang pendidikan Islam. Perlunya
pengkajian tentang integrasi nilai-nilai pendidikan Islam seni Reyog Ponorogo,
mengingat belum tertransformasikannya nilai-nilai luhur yang terkandung
dalam seni Reyog Ponorogo di masyarakat dan pentingnya bagi Konco Reyog
itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam nilainilai
luhur yang terkandung dalam seni Reyo Ponorogo, kemudian
relevansinya dengan nilai pendidikan Islam, dan model integrasi nilai-nilai
pendidikan Islam dalam pembelajaran seni Reyog Ponorogo di SMAN 2
Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif
dengan objek makna simbol dalam seni Reyog Ponorogo yang menjadi aspekaspek
pembelajaran seni Reyog Ponorogo di SMAN 2 Ponorogo. Berdasarkan
jenis data yang dibutuhkan, maka teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah perpaduan antara observasi, dokumentasi dan
wawancara mendalam.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah 1) Nilai atau makna simbol
yang terkandung di dalam setiap instrumen dan ragam tari pada seni Reyog
Ponorogo, di mana di setiap makna tersebut mengandung pesan moral dalam
kehidupan terutama bagi Konco Reyog sendiri. 2) Nilai-nilai yang tekandung
dalam setiap instrumen dan tari ini ternyata juga memiliki relevansi yang
sangat kuat dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang digunakan sebagai dasar
manusia untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik. 3) Model integrasi
dalam Pelaksanaan pembelajaran seni Reyog ini disusun dalam RPP dan
silabus untuk mencapai tujuan pembelajaran seni Reyog Ponorogo yaitu
menanamkan makna simbol yang memiliki relevansi dengan pendidikan Islam
dengan pendekatan pengembangan kognitif, dimana guru memberi kesempatan
kepada anak untuk mengenali nilai-nilai yang terkandung dalam seni Reyog
dan melakukan tindakan-tindakan yang sesuai dengan nilai-nilainya melalui
permainan peran, simulasi, diskusi dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 17 Oct 2016 03:33
Last Modified: 17 Oct 2016 03:33
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item View Item