PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK di SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO
SURYANTO, EDY (2016) PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK di SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (856kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pembiasaan, Shalat Dhuha, Pembinaan Akhlak.
Pembinaan akhlak menjadi sangat penting mengingat perkembangan
zaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang diiringi dengan efek negatif yang
dibuktikan dengan fenomena-fenomena kesenjangan sosial. Dalam kegiatan
belajar mengajar ibadah shalat sangat ditekankan di Lembaga Pendidikan Islam
termasuk di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.Dalam kegiatan belajar
mengajar ibadah shalat sangat ditekankan di Lembaga Pendidikan Islam termasuk
di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.Suasana yang sangat kondusif dalam
lingkungan sekolah dan kekompakan koordinasi antar guru dalam pengkondisian
semua peserta didik dalam menjalankan program shalat dhuha merupakan upaya
untuk membentuk akhlak yang baik
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam mengenai
program pembiasaan shalat dhuha, kendala yang dihadapi guru dalam pembiasaan
shalat dhuha serta dampak yang diperoleh para peserta didik dengan rutin
melaksanakan shalat dhuha di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif dengan
objek program, kendala serta dampak dari pembiasaan shalat dhuha di SD
Muhammadiyah Ponorogo. Berdasarkan jenis data yang dibutuhkan, maka teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpaduan antara
observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah 1) Pelaksanaan shalat dhuha di SD
Muhammadiyah Terpadu Ponorogo di adakan pada jam istirahat pertama yaitu
pada pukul 08.30-09.30 dan di bagi menjadi 2 kloter bagian. Shalat dhuha
didirikan 4 rakaat dengan suara bacaan yang dikeraskan. 2) Kendala utama yang
dihadapi dalam program pembiasaan shalat dhuha adalah tempat yang kurang
memadahi untuk dilaksanakan shalat dhuha secara serentak mulai dari kelas 1-6
dan harus di bagi menjadi 2 kloter bagian serta jarak masjid yang lumayan jauh
dari sekolah. 3) Dampak yang langsung bisa dilihat dari program shalat dhuha
adalah tentang hafalan bacaan shalat para peserta didik, karena shalat
dilaksanakan dengan suara bacaan shalat yang dikeraskan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 02:38 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 02:38 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |