EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017



NISWATUR RASYIDAH, KHOLIFATUN (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (971kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi dalam
pembelajaran sebagai media pembelajaran khususnya mata pelajaran Akidah
Akhlak. Selain itu, penggunaan fasilitas yang berkaitan dengan teknologi seperti
internet dan gadget belum dimanfaatkan secara maksimal oleh guru pengampu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo pada Akidah Akhlak terhadap hasil
belajar siswa Kelas X di MAN 2 Ponorogo khususnya Jurusan Agama apabila
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah
tersebut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas X Agama-
1 dan X Agama-2 MAN 2 Ponorogo. Adapun desain penelitian yang digunakan
adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur
perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo dan
media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa efektivitas
media pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo masuk dalam kriteria tinggi
yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0,085, efektivitas media
pembelajaran konvensional masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks
normalized gain sebesar -0,033 dan peningkatan hasil belajar dengan media
pembelajaran E-Learning lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil
belajar media pembelajaran konvensional pada materi Akhlakul Karimah kelas X
MAN 2 Ponorogo. Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar
diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:45
Last Modified: 26 Oct 2016 02:45
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2576

Actions (login required)

View Item View Item