PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDN 1 SEDARAT BALONG PONOROGO TAHUN 2016
NURLAELA, NURLAELA (2016) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDN 1 SEDARAT BALONG PONOROGO TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
Preview |
Text
a.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB 1.pdf Download (56kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Peran guru pendidikan agama Islam dalam pendidikan karakter di SDN 1 Sedarat
sangat dibutuhkan, mengingat karakter para siswa belum terbentuk sepenuhnya.
Kurangnya peran guru akan menghambat perkembangan karakter siswa dan tidak akan
menjadi maksimal. Peran guru sangat dibutuhkan membantu mengembangkan
ketrampilan dan kemampuan masing-masing peserta didik sehingga peserta didik mampu
mengembangkan kemampuan dan ketrampilan yang dimilikinya. Tanpa adanya peran
guru, peserta didik bisa saja mengikuti arus perkembangan kearah yang kurang baik. Jika
hal itu terjadi maka bukan semakin baik karakter peserta didik namun sebaliknya,
menjadi generasi yang semakin terpuruk.
Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru pendidikan
agama Islam dalam pendidikan karakter di SDN 1 Sedarat Balong Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Obyek kajian adalah SDN 1 sedarat. Sumber data diperoleh dari informan dan data
dokumentasi pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara
dan observasi. Teknik analisis menggunakan teknik trianggulasi sumber data.
Hasil kajian berupa konsep pendidikan karakter di SDN 1 Sedarat dilaksanakan
secara (1) terpadu, terintegrasi dengan pelaksanan pembelajaran serta ekstrakurikuler. (2)
Beroreentasi pada aspek keagamaan dan tidak mengenyampingkan nilai karakter yang
lain. Adapun karakter yang unik di SDN 1 Sedarat yaitu program yang diadakan kerja
sama antara SDN 1 Sedarat dan Madrasah Diniyah Hidayatul Muttaqin. Sedangkan
kendala-kendala yang dihadapi oleh guru agama Islam adalah pengaruh yang kuat dari
lingkungan serta teknologi yang tidak terkendali.
Kata Kunci: Pendidikan agama, karakter.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 02:57 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 02:57 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |