MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SUB POKOK BAHASAN MENGENAL MALAIKAT DAN TUGASNYA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK POWER POINT SISWA KELAS IV SDN 03 TEGALOMBO” PACITAN
EFENDI, SYAHRUN (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SUB POKOK BAHASAN MENGENAL MALAIKAT DAN TUGASNYA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK POWER POINT SISWA KELAS IV SDN 03 TEGALOMBO” PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi pada saat ini semakin canggih dan modern yang
telah merambah kesemualini kehidupan, tak terkecuali dalam pelaksanaan
pendidikan. Dan telah berkembang secara umum bahwa media powerpoint dapat
mempermudah guru dalam membantu proses berjalannya kegiatan belajar
mengajar. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi bahan rumusan masalah adalah
bagaimanakah penggunaan media pembelajaran bentuk powerpoint pada
pembelajaran, apa keunggulan dan kekurangannya, kemudian bagaimana hasil
pembelajaran dengan media powerpoint terhadap peningkatan hasil belajar siswa
pada pembelajaranPAI.
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan acuan
pemanfaatan multimedia bentuk powerpoint guna meminimalisasi kejenuhan dan
kebosanan dalam pembelajaran konvensional dikelas, yang menyebabkan motifasi
dan hasil belajar siswa menurun dalam proses belajar mengajar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research). Subyek penelitian ini siswa kelas IV SDN 3 Tegalombo tahun ajaran
2016/2017 yang berjumlah 13 siswa, yang terdiri dari siswa laki-laki 9 sedangkan
siswi perempuan 4. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.
Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dimana setiap siklus dua
pertemuan dan setiap siklus terdiri dari beberapa kegiatan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan
data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu deskriptif kuantitatif. Indikator penelitian ini adalah minimal 75% dari
seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran telah mencapai taraf kriteria
ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu nilai ≥ 70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media powerpoint dapat
meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV SDN 3 Tegalombo Pacitan.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa
sebelum dilakukan tindakan dan sesudah dilakukan tindakan. Nilai rata-rata kelas
sebelum dilakukan tindakan sebelum yaitu 59, setelah dikenai tindakan pada
siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71, kemudian meningkat lagi pada
siklus II menjadi 80,6 jumlah siswa yang tuntas belajar juga mengalami
peningkatan, semula pada saat pra tindakan yang tuntas ada 5 siswa atau sebesar
38,5% pada siklus I menjadi 9 siswa atau sebesar 69.3% kemudian meningkat lagi
pada siklus II menjadi 11 atau sebesar 84,6%.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Powerpoint, Hasil Belajar PAI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 03:12 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:12 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |