PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI (Studi Kasus di Play Group dan Tarbiyatul Athfal Islamic Center Abdullah Ghanim As-Samail Ponorogo)
RAHMAWATI, ENNY (2016) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI (Studi Kasus di Play Group dan Tarbiyatul Athfal Islamic Center Abdullah Ghanim As-Samail Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
2. BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
Preview |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Agama Islam Anak Usia Dini.
Penelitian ini bertempat di Islamic Center Abdullah Ghanim As-Samail
Ponorogo, Jalan Soekarno Hatta Nomor 83 Keniten Kabupaten Ponorogo,
tepatnya di depan patung taman sukowati. Yang mana di mana lembaga tersebut
mengintegrasikan proses kegiatan belajar mengajar dengan nilai-nilai agama
Islam dalam rangka pembentukan perilaku anak-anak dan pengembangan
kemampuan dasar anak-anak menuju kepribadian yang baik dan benar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran
Pendidikan Agama Islam, bagaimana hasil pembelajaran tersebut dan apa saja
kendalanya?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode wawancara, observasi dan dokumen, analisa datanya menggunakan tiga
tahapan yaitu mereduksi data, display dan pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) pembelajaran
Pendidikan Agama Islam pada lembaga ini secara umum menggunakan metode
bermain dan belajar, namun tidak jarang para guru harus merubah metode
tersebut, karena harus mengkondisikan anak-anak Pendidikan Agama Islam pada
lembaga ini adalah anak-anak mampu menghafalkan surat-surat pendek, do‟a
sehari-hari, mulai mengenal adab-adab yang sesuai dengan tuntunan syari‟at
Islam, untuk Tarbiyatul Athfal kelompok A, tertulis bahwa, anak-anak mampu
menirukan gerakan sholat, mampu mengucap beberapa kalimat thoyyibah.
Sedangkan Tarbiyatul Athfal kelompok B, dituliskan sebagai berikut; beberapa
Asma‟ul Husna, beberapa tugas malaikat dengan baik, dapat merangkai 2-3 huruf
Hijaiyyah, mempraktekkan gerakan dan bacaan sholat.
Kendala yang sering dihadapi selama pembelajaran pendidikan agama
Islam pada lembaga ini yaitu; guru sering kekurangan waktu untuk kegiatan
muraja‟ah,selain itu karena karakter dan tingkat konsentrasi yang dimiliki anak tidak
sama antara satu dengan yang lainnya,maka guru harus menciptakan suasana belajar
yang nyaman agar anak merasa senang selama mengikuti kegiatan pembelajaran
Dengan berpijak dari data di atas, maka peneliti menyarankan kepada para
pendidik di lembaga ini agar :
1. Guru harus pandai memanfaatkan dan mengefektifkan waktu selama kegiatan
pembelajaran
2. Guru harus lebih kreatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran, agar anakanak
tidak merasa bosan selama mengikuti kegiatan pembelajaran
3. Selain itu,guru harus lebih sabar lagi dalam menghadapi anak-anak yang
memiliki karakter tidak sama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 07:52 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 07:52 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |